Kapan Dan Pada Peristiwa Apakah Rumusan Pancasila Disahkan

Pendidikan230 Dilihat

Kapan Dan Pada Peristiwa Apakah Rumusan Pancasila Disahkan

Banyak orang mungkin bertanya-tanya, kapan sebenarnya rumusan Pancasila disahkan dan pada peristiwa apa. Pertanyaan ini sangatlah penting, karena Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang sangat krusial. Mengetahui kapan dan dalam peristiwa apa rumusan Pancasila disahkan akan membantu kita memahami sejarah dan budaya bangsa Indonesia yang beragam.

Sejarah Penetapan Rumusan Pancasila

  • Proses Pemberian Kemerdekaan Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Setelah itu, sebuah badan bernama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk untuk menyusun dasar negara. BPUPKI kemudian membentuk Panitia Kecil yang bertugas membuat rancangan dasar negara.

  • Rapat Pertama Panitia Kecil BPUPKI

Rapat pertama dari Panitia Kecil ini dimulai pada tanggal 29 Mei 1945. Pada rapat ini, dibahas tentang pendirian negara, sistem pemerintahan, dan lambang negara.

  • Rapat Kedua Panitia Kecil BPUPKI

Rapat kedua dari Panitia Kecil BPUPKI dilaksanakan tanggal 31 Mei 1945. Pada rapat ini, dibahas tentang rancangan dasar negara yaitu Pancasila. Ketua rapat adalah Soekarno, yang kemudian bersama-sama Ahmad Subardjo, Wilopo, Abikusno Tjokrosujoso, dan B.M. Diah menghasilkan rumusan Pancasila yang kemudian disetujui oleh para anggota rapat.

  • Penetapan Rumusan Pancasila

Setelah rapat kedua Panitia Kecil BPUPKI, para anggota lalu melakukan rapat Pleno pada tanggal 1 Juni 1945 di Gedung De Javasche Bank, Jakarta Pusat. Pada rapat ini, Soekarno membacakan teks Pancasila yang kemudian ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia.

Gambaran Penetapan Rumusan Pancasila

th?q=proklamasi+kemerdekaan+indonesia&cb=10&b=31&pz=1&bids=ami asset p&fb=1&surl=https%3A%2F%2Fmedia.gettyimages.com%2Fphotos%2Findonesian peoples proclamation of independence august 17 1945 picture id50814373&sigi=11e2200mk&sigt=11lc4bp4g&tt=Ngledip+nyatakan+kemerdekaan&back=https%3A%2F%2Fsearch.yahoo.com%2Fyhs%2Fsearch%3Fp%3Dproklamasi%2Bkemerdekaan%2Bindonesia%26ei%3DUTF 8%26hspart%3Dmozilla%26hsimp%3Dyhs 002&w=612&h=408&imgurl=media.gettyimages

Kesimpulan

Kapan sebenarnya rumusan Pancasila disahkan dan pada peristiwa apa? Rumusan Pancasila disahkan pada tanggal 1 Juni 1945 setelah rapat kedua dari Panitia Kecil BPUPKI. Penetapan dasar negara Indonesia ini merupakan hasil dari diskusi dari para tokoh seperti Soekarno, Ahmad Subardjo, Wilopo, Abikusno Tjokrosujoso, dan B.M. Diah. Rumusan tersebut kemudian disahkan dalam rapat Pleno di Gedung De Javasche Bank pada tanggal 1 Juni 1945. Hal ini menjadi momen yang sangat penting dalam sejarah Indonesia, karena Pancasila menjadi satu-satunya dasar negara Indonesia yang tidak dapat diganggu gugat.

Saran

Mengetahui sejarah dan budaya bangsa Indonesia merupakan salah satu hal yang penting untuk mencapai rasa cinta tanah air. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang sejarah, termasuk tentang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Setiap orang harus mengetahui kapan dan dalam peristiwa apa Pancasila disahkan. Hal ini, diharapkan dapat menjadikan lebih peduli terhadap negara dan mencintainya sebagai warga negara yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *