Bagaimana Suasana Pembentukan BPUPKI

Pendidikan25 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Bagaimana Suasana Pembentukan BPUPKI

Bagaimana Suasana Pembentukan BPUPKI

Bagaimana Suasana Pembentukan BPUPKI

Jawaban dari soal Pembentukan BPUPKI adalah menjadi sangat tegang dan ada keinginan untuk merdeka, suasana penuh patriotisme dan terjadi perbedaan pendapat tentang isi Piagam Jakarta.

Pembahasan : Sejarah Terbentuknya BPUPKI

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) adalah organisasi yang di bentuk untuk mengawasi proses kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 1 Maret 1945, Jepang mengumumkan pembentukan BPUPKI. BPUPKI yang baru di resmikan pada tanggal 28 Mei 1945, 2 bulan setelah pembentukannya.

BPUPKI beranggotakan 62 orang yang terdiri dari warga negara Indonesia dan 7 perwakilan dari Jepang. Ketua BPUPKI adalah Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, dengan dua orang wakil ketua yaitu: Ichibangase Yosio (Jepang) dan R.P Soeroso.

Sidang pertama pada tanggal 28 Mei – 1 Juni 1945 membahas tentang dasar negara yang melahirkan Piagam Jakarta yang merupakan cikal bakal lahirnya Pancasila.

Sidang kedua tanggal 10 – 17 Juli 1945 membahas tentang bentuk negara bagian dan rancangan undang-undang dasar.

Detail Jawaban : Sejarah BPUPKI

Kelas : 7 SMP

Mapel : PPKn

Kategori : Bab 1 – Pembelajaran Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih