Letak Astronomis dan Geografis Negara Filipina

Letak Astronomis dan Geografis Negara Filipina

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Letak Astronomis dan Geografis Negara Filipina

Letak Astronomis dan Geografis Negara Filipina

Bacaan Lainnya

Letak Astronomis dan Geografis Negara Filipina

Jawaban dari soal mengenai Astronomis dan Geografis Negara Filipina

1. Letak astronomis negara Filipina, adalah terletak antara 6°LU-19°LU dan 116°BT-126°BT.

2. Letak geografis negara Filipina, adalah:

  • Sebelah utara dan timur, berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik.
  • Barat, berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah selatan, berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi (Indonesia).

Pembahasan Letak Negara Filipina

Filipina adalah negara kepulauan yang memiliki gunung berapi dominan sebagai rangkaian pegunungan Lingkar Pasifik. Dengan kondisi tanah yang subur tersebut dapat memaksimalkan kegiatan pertanian yang meliputi bercocok tanam berupa jagung, padi dan serat abaca/manila, kemudian perikanan dan kehutanan, dengan hampir separuh luas lahannya adalah hutan.

Kepulauan Filipina kaya akan kawasan hutan lindung di Luzon utara dan Mindanao, daerah berbukit, ngarai terjal, pegunungan, dan lembah subur. Beberapa danau terbesar di Filipina adalah Pulau Luzon, Danau Laguna de Bay dan juga Danau Sultan Alonton di Pulau Mindanao. Kepulauan Filipina memiliki kedalaman parit laut 10.539 meter (terdalam di dunia), terletak di lepas pantai timur Pulau Mindanao.

Filipina secara astronomis terletak antara 6°N-19°LU dan 116°BT-126°BT. Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, Filipina berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah timur dan utara, berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan di sebelah barat, dan berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi (Indonesia) di sebelah selatan.

Detail Jawaban Negara Filipina

Mapel : IPS

Kelas : SMP

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih