Jelaskan Proses Terjadinya Bunyi

Pendidikan10 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Proses Terjadinya Bunyi

 

Jelaskan Proses Terjadinya Bunyi

Jelaskan Proses Terjadinya Bunyi

Jawab :

Proses munculnya bunyi di awali dengan getaran sumber bunyi. Getaran ini di sebabkan oleh penerapan energi pada sumber bunyi, misalnya saat gendang di pukul.

Getaran bunyi ini akan merambat sebagai gelombang melalui medium perambatannya, seperti udara.

Gelombang ini akan mencapai telinga yang di tangkap sebagai suara.

Pembahasan detail tentang terjadinya bunyi

Bunyi di hasilkan oleh getaran benda yang di sebut sumber bunyi, misalnya getaran senar gitar saat di petik atau getaran gendang saat di pukul. Getaran ini memiliki energi. Energi ini menyebabkan medium di sekitarnya bergetar dan merambatkan bunyi dalam bentuk gelombang.

Gelombang ini merambat melalui media dengan cara mengecilkan (kompresi) dan memperluas (mengembangkan) media perambatan suara. Energi suara bergerak dengan gelombang suara ini.

Bunyi memerlukan medium untuk merambat karena getaran bunyi memerlukan medium untuk merambat gelombangnya.

Jadi bunyi tidak dapat di dengar dalam ruang hampa (vakum), karena di sini tidak ada medium perambatan bunyi. Ini tidak seperti cahaya yang dapat berjalan melalui ruang hampa.

Telinga mengumpulkan gelombang suara, kemudian gelombang tersebut di arahkan ke gendang telinga, yang bergetar akibat gelombang tersebut. Kemudian gelombang dia rahkan ke tulang kecil telinga dan dari sana ke koklea. Di koklea, gelombang ini menggetarkan rambut-rambut halus yang terhubung ke sel saraf yang menghasilkan sinyal ke otak. Di otak, sinyal ini di artikan sebagai bunyi atau suara.

 

Detail Soal

Kelas: VIII
Mata Pelajaran: Fisika
Materi: Bunyi
Kata Kunci: bunyi, gelombang, suara

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Video Terkait Tentang : Proses Terjadinya Bunyi