Tari Topeng Berasal Dari Mana

Pendidikan21 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tari Topeng Berasal Dari Mana

 

Tari Topeng Berasal Dari Mana

 

Tari Topeng Berasal Dari Mana

Jawab :

Tarian daerah merupakan salah satu bentuk kesenian daerah yang ada di Indonesia dan bisa di bilang setiap daerah di Indonesia memiliki tarian daerahnya masing-masing Tempat asal usul topeng adalah Cirebon.

Pembahasan detail tentang Tari Topeng

Tari daerah merupakan salah satu bentuk kesenian daerah di Indonesia dan merupakan karya seni yang terbentuk dari rangkaian gerak tari. Gerak tari pada tari daerah ini memiliki arti dan makna yang sangat dalam dan erat kaitannya dengan budaya di daerah asal tarian daerah tersebut. Selain itu, tarian daerah juga sering menjadi salah satu kesenian yang di pentaskan bersamaan dengan upacara adat. Hal ini membuat gerak tari dalam tarian daerah menjadi sakral sehingga kita tidak bisa merubah atau memodifikasi gerak tari dalam tari daerah sesuka hati.

Ini beberapa elemen oleh tari daerah:

  • Properti: ada alat-alat yang di gunakan para penari saat melakukan gerakan tarinya. Dalam tari topeng, properti yang di gunakan adalah topeng.
  • Tata busana: ada kostum yang di gunakan penari dan dalam tarian daerah biasanya berupa pakaian adat.
  • Iringan lagu: adanya iringan yang di gunakan untuk menciptakan irama bagi para penarinya dan dalam tarian daerah biasanya berupa lagu daerah.

 

Detail Soal

Kelas: 4

Mapel: Seni Budaya

Ba: 5 – Seni Tari Nusantara

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *