Fungsi Utama Vitamin Adalah Mengatur Proses Metabolisme

Fungsi Utama Vitamin Adalah Mengatur Proses Metabolisme

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Fungsi Utama Vitamin Adalah Mengatur Proses Metabolisme

Fungsi Utama Vitamin Adalah Mengatur Proses Metabolisme

A. protein dan lemak
B. protein dan hidrat arang
C. lemak dan hidrat arang
D. protein,lemak dan hidrat arang

Bacaan Lainnya

Jawab :

Fungsi utama vitamin yaitu mengatur proses metabolisme protein, lemak dan hidrat arang (D). Hidrat arang merupakan karbohidrat. Vitamin merupakan zat makanan yang di perlukan dalam jumlah sedikit. Vitamin berfungsi mengatur metabolisme zat makanan seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Vitamin D

Pembahasan detail tentang Vitamin

Nutrisi atau zat makanan adalah zat yang di butuhkan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan tubuh, pertumbuhan, dan juga untuk keberlangsungan fungsi normal pada jaringan dan organ tubuh.

Makanan yang di konsumsi sehari-hari mengandung enam jenis nutrisi penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.  Makanan makronutrien meliputi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Adapun makanan mikronutrien, meliputi makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat, protein, dan lemak di butuhkan tubuh dalam jumlah banyak, sedangkan vitamin dan mineral di butuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Vitamin di butuhkan dalam jumlah sedikit pada tubuh, akan tetapi vitamin di perlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah dari beberapa penyakit.

Vitamin di kelompokkan menjadi dua macam yaitu:

1. Vitamin yang larut dalam air. Contohnya vitamin B dan C.

2. Vitamin yang larut dalam lemak. Contohnya vitamin A, D, E, dan K.

Sumber vitamin banyak terdapat pada sayur dan buah.

Detail Soal

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Ba: Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan

Baca juga: Pembahasan Jelaskan Vitamin Berfungsi Sebagai Apa Saja

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *