Sebutkan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Pendidikan13 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Sebutkan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola 

 

Sebutkan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

 

Sebutkan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola 

Jawab :

 

Adapun teknik dasar yang harus di kuasai oleh pemain sepak bola yaitu :

  • Kick (tendangan): memberi makan dan menembak ke gawang
  • Menggiring (dribbling): mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, menghalangi permainan
  • Mengontrol/menghentikan bola (stop): untuk menghentikan bola yang di tendang terlalu keras
  • Sundulan (header): menerima bola ace terbang dari atas
  • Grab (tackle): ambil/rebut bola dari lawan
  • Lemparan ke dalam (throw-in): Lemparan ke dalam saat bola keluar lapangan
  • Goalkeeping: Pertahankan gawang dari masuk

Pembahasan detail sepak bola

Sepak Bola (bahasa Inggris : Football atau Soccer ) adalah olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari kulit dan di mainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 (sebelas) pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Pada awal abad ke-21, olahraga ini di mainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, menjadikannya sebagai olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menempatkan bola di gawang lawan. Sepak bola di mainkan di lapangan terbuka berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.

Umumnya, hanya penjaga gawang yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengannya di dalam area gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya di perbolehkan menggunakan seluruh tubuhnya kecuali tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dadanya. untuk kontrol, dan kepala mereka untuk mengirim bola. Tim yang mencetak gol terbanyak di akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika masih seri di akhir waktu, bisa seri, perpanjangan waktu atau penalti, tergantung format kejuaraan. Dari pertandingan resmi, 3 poin di berikan kepada tim yang menang, 0 poin untuk tim yang kalah dan masing-masing 1 poin untuk kedua tim yang bermain imbang.Namun, pemenang pertandingan sepak bola dapat di batalkan kapan saja karena skandal dan tindak pidana yang dilakukan kemudian di buktikan. Suatu pertandingan sepak bola dapat secara otomatis di menangkan oleh suatu tim 3-0 jika tim lawan dengan sengaja mengundurkan diri dari pertandingan (Walk Out).

Menendang

Menendang bola adalah salah satu fitur permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan utama dari menendang bola adalah untuk mengumpan (pass) dan menembak ke gawang (shoot to the goal).

Di lihat dari kontak kaki dengan bola, tendangan di bedakan menjadi beberapa jenis, yaitu menendang dengan kaki bagian dalam, menendang dengan kaki bagian luar dan menendang dengan punggung kaki. Menendang dengan bagian dalam kaki.Umumnya teknik ini di gunakan untuk umpan jarak pendek.

Analisis geraknya adalah sebagai berikut:

  • Tubuh ke target di belakang bola.
  • Pijakan kaki sekitar 15 cm di samping bola, jari kaki ke arah sasaran, lutut sedikit di tekuk.
  • kaki perawatan di tarik ke belakang, dan diayunkan ke depan.
  • setelah tumbukan di lanjutkan dengan Follow trow, (pergerakan di lanjutkan).
  • Menendang dengan bagian luar kaki
  • Umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengoper jarak pendek.

Analisis gerakan sebagai berikut:

  • Posisi badan di belakang bola, kaki bertumpu pada punggung bola 25 cm, jari kaki ke arah sasaran, dan lutut sedikit di tekuk.
  • kaki penendang berada di belakang bola, dengan jari kaki ke dalam
  • kaki perawatan di tarik ke belakang dan di ayunkan ke depan.
  • Pukul bola tepat di bagian luar punggung kaki, dan tepat di tengah bola.
  • Gerakan selanjutnya kaki yang merawat di naikkan dengan sudut sekitar 45 derajat ke arah sasaran.

Menendang dengan punggung kaki, Umumnya tendangan dengan punggung kaki di gunakan untuk menembak atau menembak ke arah gawang. Berhenti mati bal (Berhenti).

Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang di gunakan bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang meliputi mengatur tempo permainan, mengubah kecepatan permainan, dan mempermudah passing.

Menggiring bola

Pada dasarnya dribbling adalah tendangan berselang atau lambat, oleh karena itu bagian kaki yang digunakan untuk menggiring bola sama dengan bagian kaki yang digunakan untuk menendang bola. Dribbling antara lain bertujuan untuk mendekatkan jarak sasaran, melewati lawan dan menghalangi permainan.

Detail Soal

Kelas: 7

Mapel: Penjaskes

Bab: 1

Kata Kunci: sepak bola, teknik dasar

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih