Benda Yang Dapat Menghantarkan Panas Dengan Baik di Sebut

Pendidikan60 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Benda Yang Dapat Menghantarkan Panas Dengan Baik di Sebut

 

Benda Yang Dapat Menghantarkan Panas Dengan Baik di Sebut

 

Benda Yang Dapat Menghantarkan Panas Dengan Baik di Sebut

a.isolator

b.konduktor

c.transistor

d.adaptor

Jawab :

Jawabannya adalah b. konduktor

 

Penjelasan detail tentang Benda Yang Dapat Menghantarkan Panas

Konduktor yaitu zat atau benda yang dapat di jadikan sebagai penghantar yang baik, contoh konduktor yaitu besi. kita dapat membuktikannya, ketika ujung besi di panaskan, maka panasnya akan merambat keseluruh permukaan, sedangkan pengantar panas yang buruk di sebut juga isolator, contoh isolator salah satunya adalah kayu.

Benda yang dapat menghantarkan panas disebut bahan pembawa panas. Beberapa bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik antara lain:

  1. Logam: Logam seperti besi, tembaga, dan aluminium memiliki konduktivitas termal yang baik dan dapat menghantarkan panas dengan cepat.
  2. Kaca: Kaca memiliki konduktivitas termal rendah, tetapi dapat menghantarkan panas melalui radiasi.
  3. Batu: Batu seperti marmer dan granit juga dapat menghantarkan panas, tetapi memiliki konduktivitas termal yang lebih rendah di bandingkan logam.
  4. Air: Air memiliki konduktivitas termal yang baik dan sering di gunakan sebagai media untuk menghantarkan panas dalam sistem pendingin.
  5. Bahan isolasi: Bahan seperti plastik dan bahan isolasi termal memiliki konduktivitas termal yang rendah dan di gunakan untuk membatasi penyebaran panas.

Pilihan bahan pembawa panas tergantung pada aplikasi dan kebutuhan yang spesifik. Beberapa aplikasi membutuhkan bahan yang dapat menghantarkan panas dengan cepat, sedangkan yang lain membutuhkan bahan yang memiliki isolasi termal yang baik.

Detail Soal

Kelas: 6

Mapel: Sains

Bab: Energi dan Perubahannya

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *