Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia

Pendidikan258 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia

 

Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia

 

Organisasi Pencak Silat di Indonesia

Jawab :

Olahraga pencak silat sendiri juga memiliki induk organisasi, yang mana Induk organisasi pencak silat di indonesia di beri nama Ikatan Pencak Silat Indonesia atau yang di singkat dengan nama IPSI.

Pembahasan detail tentang Pencak Silat

Pencak silat sendiri dapat kita maknai dengan melihat makna dari kata tersebut, yang mana pencak silat berasal dari dua kata yaitu kata pencak dan kata silat di mana untuk kata pencak sendiri yaitu sebagai suatu gerak dasar bela diri dan terikat dengan peraturan. Sedangkan untuk kata silat sendiri ialah suatu gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian.

Selain itu arti pencak silat sendiri jika kita melihat pendapat salah seorang ahli yang bernama Boechori Ahmad, yang mana dia mengatakan bahwa pencak ialah fitrah manusia untuk membela dirinya sendiri, sedangkan kata silat sendiri menjadi sebuah unsur yang menghubungkan gerakan serta pikiran.

Selain itu terdapat juga beberapa unsur pada pencak silat, yang mana di antaranya yaitu:

  •  olahraga.
  •  bela diri.
  •  kesenian.
  • persaudaraan menuju persatuan.
  •  pendidikan mental kerohanian.

 

Detail Soal

Kelas: 6

Mapel: Penjaskes

Bab:  4 – Menganalisis Kategori Keterampilan Gerak Aktivitas Beladiri

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *