Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh

Pendidikan284 Dilihat

Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh

Kenapa Penting untuk Mengetahui Asal Usul Bola Voli?

Sebelum membahas tentang siapa yang menciptakan permainan bola voli, penting untuk mengetahui keberadaan bola voli itu sendiri. Bola voli sendiri adalah suatu olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan enam pemain pada setiap timnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memukul bola ke lapangan lawan dan menghindarkan bola agar tidak jatuh di lapangan sendiri.

Bola voli sendiri merupakan olahraga yang sangat populer di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Selain bisa dimainkan di lapangan, bola voli juga bisa dimainkan di pantai yang disebut dengan beach volley. Banyak orang yang memainkan bola voli sebagai olahraga rekreasi atau bahkan dijadikan sebagai olahraga nomor satu.

Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh

Permainan Bola Voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. William G. Morgan merupakan seorang guru olahraga di YMCA (Young Men’s Christian Association) di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Morgan ingin menciptakan sebuah olahraga yang bisa dimainkan di dalam ruangan ketika musim dingin tiba. Ia kemudian menciptakan permainan badminton yang dimainkan dengan bola.

Tidak lama setelah itu, Morgan merasa unik dan menambahkan beberapa aturan dan mengganti bola dengan bola basket. Permainan inilah yang kemudian dikenal sebagai bola voli atau voli ball.

Komponen dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli terdapat beberapa komponen yang harus dipahami dengan baik untuk bisa memainkan permainan ini dengan benar. Beberapa komponen tersebut di antaranya:

  • Bola
  • Net
  • Lapangan
  • Pemain

Bola voli harus memiliki berat lebih dari 260 gram dan diameter sekitar 65-67 cm. Netnya harus memiliki tinggi 2,43 meter untuk pertandingan putra dan 2,24 meter untuk pertandingan putri. Sementara itu, lapangan permainan bola voli berukuran 18 meter x 9 meter dengan garis akan sejajar di tengah lapangan. Setiap tim beranggotakan enam orang yang terbagi menjadi tiga pemain depan dan tiga pemain belakang.

komponen bola voli

Aturan Dalam Permainan Bola Voli

Dalam melakukan permainan bola voli, terdapat aturan-aturan yang harus dipenuhi agar permainan berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa aturan dalam permainan bola voli antara lain:

  1. Bola harus dipukul dengan tangan
  2. Tiap tim hanya diperbolehkan memukul bola tiga kali berturut-turut
  3. Bola harus melintasi net dan jangan sampai melewati garis lapangan
  4. Dalam satu putaran, setiap tim bertukar sisi lapangan agar tidak terlalu berpihak ke satu tim
  5. Setiap tim hanya boleh mengubah pemain dalam batas waktu tertentu
aturan bola voli

Manfaat Bermain Bola Voli

Bermain bola voli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mental dan sosial. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan bermain bola voli:

  • Meningkatkan kemampuan otak dalam merespon
  • Menjaga kesehatan dan stamina tubuh
  • Meningkatkan koordinasi motorik dan keseimbangan tubuh
  • Melatih kerjasama tim dan memupuk kemampuan respek terhadap pemain lain
  • Sebagai sarana hiburan dan rekreasi yang menyenangkan
manfaat bola voli

Kesimpulan

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Olahraga ini sangat populer di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Terdapat beberapa komponen dan aturan dalam permainan bola voli yang harus dipahami untuk bisa memainkan permainan ini dengan benar. Bermain bola voli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mental dan sosial.

Saran

Bagi para pemula yang ingin memainkan bola voli, sebaiknya belajar terlebih dahulu tentang aturan dan teknik dasar dalam permainan bola voli. Selain itu, juga jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri seperti sepatu olahraga dan pelindung lutut untuk menghindari cedera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *