Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat

Tips dan Trik25 Dilihat
Cara membuat PDF atau Portable Document File (PDF) di HP tanpa aplikasi sepertinya mudah. File dalam format PDF sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. PDF adalah file digital yang dapat dibaca di berbagai perangkat. Selain untuk menyimpan file, format ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunci file sehingga lebih aman tanpa khawatir isinya akan berubah.
Kecanggihan perkembangan teknologi saat ini membuat format PDF semakin mudah. Sehingga tidak hanya bisa dibuka, namun kini dibuat dengan perangkat apapun. Termasuk ponsel Android atau iPhone. Untuk membuat file PDF di ponsel ini, ada cara yang membutuhkan aplikasi, misalnya seperti WPS Office. Namun untuk cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi jauh lebih praktis dan simple.

Cara membuat PDF atau Portable Document File (PDF) di HP tanpa aplikasi sepertinya mudah. File dalam format PDF sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. PDF adalah file digital yang dapat dibaca di berbagai perangkat. Selain untuk menyimpan file, format ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunci file sehingga lebih aman tanpa khawatir isinya akan berubah.
Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

Kecanggihan perkembangan teknologi saat ini membuat format PDF semakin mudah. Sehingga tidak hanya bisa di buka, namun kini di buat dengan perangkat apapun. Termasuk ponsel Android atau iPhone. Untuk membuat file PDF di ponsel ini, ada cara yang membutuhkan aplikasi, misalnya seperti WPS Office. Namun untuk Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi jauh lebih praktis dan simple.

Cara membuat PDF atau Portable Document File (PDF) di HP tanpa aplikasi sepertinya mudah. File dalam format PDF sering di gunakan untuk keperluan sehari-hari. PDF adalah file digital yang dapat di baca di berbagai perangkat. Selain untuk menyimpan file, format ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunci file sehingga lebih aman tanpa khawatir isinya akan berubah.

 

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

PDF merupakan salah satu format file yang paling umum di gunakan dalam dunia digital. Format ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen, gambar, atau file apapun secara digital tanpa khawatir merusak format asli dari file tersebut. Namun, bagaimana cara membuat file PDF di HP tanpa menggunakan apl tambahan? Pada artikel ini, akan di jelaskan cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat.

  1. Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi – Menggunakan Situs Smallpdf

Menggunakan Situs Smallpdf

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi adalah dengan menggunakan situs Smallpdf. Situs ini memungkinkan pengguna untuk mengonversi berbagai jenis file menjadi format PDF secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Smallpdf di browser pada HP Anda.
  2. Pilih opsi “Convert to PDF” pada tampilan awal situs Smallpdf.
  3. Pilih file yang ingin di konversi menjadi format PDF dan seret ke halaman Smallpdf atau pilih file dari perangkat Anda.
  4. Tunggu proses konversi selesai.
  5. Setelah proses konversi selesai, unduh file PDF yang baru saja di buat pada perangkat Anda.

Dengan menggunakan situs Smallpdf, pengguna dapat dengan mudah membuat file PDF tanpa perlu menggunakan apl tambahan pada perangkat HP.

  1. Menggunakan Situs ILovePDF

Menggunakan Situs ILovePDF

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi adalah dengan menggunakan situs ILovePDF. Situs ini juga memungkinkan pengguna untuk mengonversi berbagai jenis file menjadi format PDF secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs ILovePDF di browser pada HP Anda.
  2. Pilih opsi “Convert to PDF” pada tampilan awal situs ILovePDF.
  3. Pilih file yang ingin di konversi menjadi format PDF dan seret ke halaman ILovePDF atau pilih file dari perangkat Anda.
  4. Tunggu proses konversi selesai.
  5. Setelah proses konversi selesai, unduh file PDF yang baru saja di buat pada perangkat Anda.

Situs ILovePDF juga merupakan alternatif yang baik untuk membuat file PDF tanpa menggunakan apl tambahan pada perangkat HP.

  1. Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi – Membuat PDF dari Ms Word, Power Point dan Excel

Membuat PDF dari Ms Word, Power Point dan Excel

Cara Membuat PDF di HP Tanpa apl  adalah dengan menggunakan fitur bawaan pada Microsoft Office seperti Ms Word, Power Point, dan Excel. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen yang di buat dalam format PDF dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen yang ingin di simpan dalam format PDF pada Ms Word, Power Point, atau Excel.
  2. Pilih opsi “File” pada menu utama pada aplikasi tersebut.
  3. Klik opsi “Export” atau “Save As”.
  4. Pilih opsi “PDF” pada pilihan format yang tersedia.
  5. Tentukan lokasi penyimpanan file PDF pada perangkat Anda dan klik tombol “Save” untuk menyimpan file PDF.

Dengan menggunakan fitur bawaan pada Microsoft Office, pengguna dapat dengan mudah membuat file PDF dari dokumen yang di buat menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Membuat PDF dari Google Drive

Membuat PDF dari Google Drive

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi adalah dengan menggunakan Google Drive. Pengguna dapat menyimpan dokumen yang di buat pada Google Drive dalam format PDF dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Drive pada perangkat HP Anda.
  2. Pilih dokumen yang ingin di simpan dalam format PDF.
  3. Klik kanan pada dokumen tersebut dan pilih opsi “Download”.
  4. Pilih opsi “PDF Document (.pdf)” pada jendela dialog yang muncul.
  5. Tentukan lokasi penyimpanan file PDF pada perangkat Anda dan klik tombol “Save” untuk menyimpan file PDF.

Dengan menggunakan Google Drive, pengguna dapat dengan mudah membuat file PDF dari dokumen yang tersimpan pada aplikasi tersebut.

  1. Membuat PDF dari iPhone dan iPad

Membuat PDF dari iPhone dan iPad

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi adalah dengan menggunakan fitur bawaan pada iPhone dan iPad. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen dalam format PDF dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen atau halaman web yang ingin di simpan dalam format PDF pada perangkat iPhone atau iPad.
  2. Klik ikon “Share” atau “Bagikan” pada aplikasi yang di gunakan untuk membuka dokumen atau halaman web tersebut.
  3. Pilih opsi “Print” pada menu yang muncul.
  4. Zoom pada tampilan “Print Preview” dengan menggeser jari pada layar perangkat.
  5. Klik ikon “Share” pada tampilan “Print Preview”.
  6. Pilih opsi “Save as PDF” pada menu yang muncul.
  7. Tentukan lokasi penyimpanan file PDF pada perangkat Anda dan klik tombol “Save” untuk menyimpan file PDF.

Dengan menggunakan fitur bawaan pada iPhone atau iPad, pengguna dapat dengan mudah membuat file PDF dari dokumen atau halaman web yang di buka pada perangkat tersebut.

Kesimpulan

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi dapat di lakukan dengan mudah dan cepat dengan menggunakan situs konversi online seperti Smallpdf dan ILovePDF, fitur bawaan pada Microsoft Office, Google Drive, dan fitur bawaan pada iPhone atau iPad. Dengan menggunakan metode-metode tersebut, pengguna dapat menghemat ruang penyimpanan pada perangkat, membuat file PDF dengan mudah, serta menghindari biaya tambahan untuk membeli aplikasi konversi file PDF. Sebagai pengguna HP, penting untuk memanfaatkan fitur-fitur bawaan pada perangkat untuk memaksimalkan penggunaan perangkat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *