Rumus Luas Segitiga Siku Siku

Pendidikan334 Dilihat

Rumus Luas Segitiga Siku Siku

Pendahuluan

Segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya berukuran 90 derajat. Sisi yang bersebrangan dengan sudut 90 derajat disebut sebagai sisi miring. Ketika akan menghitung luas segitiga siku-siku, kita memerlukan rumus khusus yang harus dipahami terlebih dahulu. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai rumus luas segitiga siku-siku dan bagaimana cara menghitungnya.

Rumus Luas Segitiga Siku Siku

Untuk menghitung luas segitiga siku-siku, rumus yang digunakan adalah:

  1. Luas = 1/2 x alas x tinggi
  2. Luas = 1/2 x ab
  3. Luas = 1/2 x bc
  4. Luas = 1/2 x ac

Note: Alas adalah sisi yang membentuk sudut 90 derajat, tinggi adalah garis yang merupakan jarak antara alas dengan titik puncak (sudut 90 derajat), dan sisi miring adalah sisi terpanjang pada segitiga siku-siku.

Rumus Luas dengan Alas dan Tinggi

Pertama-tama, kita harus menentukan dahulu nilai alas dan tinggi dari segitiga yang akan dihitung. Kemudian, masukkan nilai tersebut ke dalam rumus:

th?q=luas+segitiga+siku+siku+alas+tinggi

Rumus Luas dengan Sisi Miring

Jika Anda hanya mengetahui nilai sisi miring dari segitiga, tetapi tidak tahu nilai alas dan tinggi, maka Anda dapat menggunakan rumus berikut ini:

th?q=rumus+luas+segitiga+siku+siku+sisi

Rumus Luas dengan Sisi-sisinya

Jika lengkap mengetahui nilai ketiga sisi segitiga, maka kita dapat langsung menggunakan rumus di bawah ini:

th?q=rumus+luas+segitiga+siku+siku+sisi sisi

Kesimpulan

Rumus luas segitiga siku-siku sangat penting untuk diketahui jika Anda ingin menghitung luas dari bentuk segitiga yang memiliki sudut 90 derajat. Terdapat beberapa cara menghitung luas segitiga siku-siku, mulai dari yang menggunakan alas dan tinggi, sisi miring, dan sisi-sisi dari segitiga tersebut.

Saran

Untuk memudahkan perhitungan luas segitiga siku-siku, pastikan Anda telah mengetahui nilai nilai alas, tinggi, dan sisi miring dengan benar sebelum menghitung rumus luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *