Orang Yang Wajib Membayar Zakat Dinamakan

Pendidikan42 Dilihat

Orang Yang Wajib Membayar Zakat Dinamakan

Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim. Zakat berarti membayar sebagian dari harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Pada hakikatnya, zakat memiliki fungsi sosial yang sangat penting dalam Islam. Oleh sebab itu, tidak heran jika zakat menjadi salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para muslim.

Walaupun zakat merupakan kewajiban umat Islam, namun masih banyak orang yang belum mengetahui orang yang wajib membayar zakat. Pertanyaan “Orang Yang Wajib Membayar Zakat Dinamakan” seringkali muncul di kalangan masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu dipahami beberapa hal terkait zakat.

Mengenal Zakat

th?q=muslim+paying+zakat&pid=Api&w=180&h=180&c=7

Sebelum membahas lebih jauh tentang orang yang wajib membayar zakat, perlu dipahami dulu apa itu zakat. Zakat berasal dari bahasa Arab yang berarti “suci”. Zakat merupakan kewajiban berupa pembayaran sebagian harta untuk diberikan kepada fakir miskin, asnaf (orang-orang yang berhak menerima zakat), dan amil (pengelola zakat). Pembayaran zakat dilakukan sebanyak satu kali dalam setahun yaitu pada bulan Ramadan. Seiring dengan perkembangan zaman, zakat tidak hanya berupa harta saja, tapi juga bisa berupa produk lain seperti pertanian, perternakan, dan sebagainya.

Orang Yang Wajib Membayar Zakat

th?q=zakat+obligatory+persons&pid=Api&w=180&h=180&c=7

Orang yang wajib membayar zakat dinamakan “muzakki”. Muzakki adalah orang yang memiliki harta yang telah mencapai nishab (jumlah tertentu) dan sudah dipenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat pertama, muzakki harus beragama Islam. Syarat kedua, muzakki harus memiliki harta atau kekayaan yang mencapai nishab. Nishab zakat emas adalah sebesar 85 gr dan nishab zakat perak adalah sebesar 595 gr. Syarat ketiga, harta yang dimiliki harus sudah dimiliki selama satu tahun hijriyah atau 354 hari. Syarat keempat, harta yang dimiliki harus digunakan untuk kepentingan konsumsi atau investasi dan tidak bertambah atau berkurang secara signifikan dalam waktu satu tahun.

Kesimpulan

Jadi, untuk menjawab pertanyaan “Orang Yang Wajib Membayar Zakat Dinamakan”, maka jawabannya adalah muzakki. Muzakki adalah orang yang memiliki harta yang telah mencapai nishab, beragama Islam, dan sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan. Zakat sendiri memiliki fungsi sosial yang sangat penting dan harus dipenuhi oleh setiap muslim. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui siapa saja yang wajib membayar zakat agar kewajiban seorang muslim dapat terpenuhi.

Saran

Banyak dari masyarakat yang masih belum mengetahui detail siapa saja yang wajib membayar zakat. Oleh sebab itu, perlu adanya edukasi mengenai zakat dan orang yang wajib membayarnya agar semakin banyak orang yang menjalankan kewajibannya sebagai muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *