10 Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah dan Mencegah Penuaan Dini

Kesehatan94 Dilihat

Tak hanya berperan sebagai penghias atau pewangi ruangan, bunga ternyata juga bisa diolah menjadi makanan dan minuman. Salah satu jenis bunga yang dapat dijadikan makanan atau minuman adalah bunga telang. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga memiliki Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah seperti mencegah penuaan dini hingga mencerahkan kulit wajah secara alami. Sifat anti-inflamasinya juga cocok untuk mengobati peradangan kulit.

Bunga telang merupakan bunga yang berasal dari Asia tropis dan memiliki nama latin Clitoria ternatea. Bunga yang memiliki kelopak berwarna ungu kebiruan ini ternyata tidak hanya memiliki bentuk yang indah, tetapi juga bermanfaat bagi manusia. Bunga telang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroba dan antidiabetes.

Bunga teh ini biasanya diolah menjadi teh untuk menjaga kecantikan dari dalam, dan digunakan sebagai bahan baku masker untuk menjaga kecantikan dari luar. Berikut 10 Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah yang mimin rangkum pada artikel kali ini ;

10 Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah

1. Dapat mencerahkan kulit.

Salah satu Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah adalah mencerahkan. Perlu diingat bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari seringkali memicu perubahan produksi melanin kulit, sehingga menghasilkan warna kulit yang tidak merata.

Antioksidan ini bisa menolong menghindari pigmentasi kulit yang tidak wajar. Sebagian antioksidan, semacam vit C, pula berperan selaku penghambat tirosinase( enzim yang memicu penciptaan pigmen).

2. Hindari penuaan dini.

Kandungan antioksidan pada bunga telang tidak hanya mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker kulit, tetapi juga efektif dalam mencegah penuaan dini pada kulit. Aktivitas antioksidan bunga kacang polong diekstraksi dengan berbagai prosedur dan pelarut dalam sejumlah penelitian.

Jika terlalu banyak radikal bebas di kulit, maka akan terjadi penuaan dini pada kulit dengan mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit dan memicu peradangan.

Di sinilah peran manfaat bunga telang ungu dari antioksidan sangat dibutuhkan, yaitu dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan regenerasi vitamin E sehingga kulit dapat meningkatkan produksi kolagennya. Sehingga dapat dikatakan bahwa manfaat bunga kacang ungu ampuh mengatasi masalah penuaan dini.

3. Meredakan kulit yang teriritasi.

Sebuah studi tahun 2018 tentang bunga kacang polong dalam pengembangan masker wajah menunjukkan bahwa itu dapat membantu meredakan gatal dan iritasi pada kulit. Zat yang memberi warna ungu kebiruan pada tanaman memiliki sifat mendinginkan kulit. Sehingga kulit yang teriritasi terasa lebih tenang.

4. Mengurangi kemerahan pada kulit.

Kemerahan pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari iritasi, jerawat atau kulit kering. Mengoleskan krim atau masker yang mengandung bunga kacang polong dapat membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat yang meradang, merawat kulit kering dan iritasi umum.

Baca juga: 10 Cara Meredakan Sesak Nafas Secara Alami Sudah Terbukti Ampuh!

5. Mencegah kanker kulit.

Pada dasarnya, kulit cantik berawal dari kulit yang sehat. Salah satu Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah adalah dapat mencegah kanker kulit karena kandungan antioksidannya yang dapat berperan dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan dapat memblokir pembentukan dan menetralisir radikal bebas jika sudah terbentuk.

Beberapa antioksidan, seperti vitamin A, C dan E, memiliki sifat anti kanker yang dapat membantu mencegah kanker. Tentu saja manfaat kelopak kupu-kupu ungu untuk kulit yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang ungu dapat melindungi eritrosit anjing dari hemolisis dan kerusakan oksidatif. Hal inilah yang membuat ekstrak bunga kacang polong efektif dalam melindungi sel-sel kulit dari stres oksidatif.

6. Mencegah obesitas.

Berat badan yang ideal pasti bisa menambah daya tarik seseorang. Tak heran jika banyak wanita berlomba-lomba untuk diet agar terlihat langsing. Dengan mengkonsumsi bunga telang, anda dapat mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan. Bunga telang dapat digunakan sebagai anti obesitas. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuannya dalam menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan adiposa).

7. Melembabkan kulit.

Bunga telang bisa melindungi serta mengembalikan kelembapan natural pada kulit sehingga kulit tidak hadapi kekeringan. Bunga kacang polong dapat meningkatkan retensi kelembaban dan membantu meningkatkan pergantian sel kulit.

8. Memperkuat struktur kolagen.

Kolagen adalah agen pencerah kulit alami. Namun seiring bertambahnya usia, kandungan kolagen dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Ekstrak bunga pea dipercaya dapat memperkuat atau menopang struktur kolagen dalam tubuh.

Baca juga: 20 Manfaat Isi Alpukat Untuk Kesehatan Obat Tak Terduga!

9. Memperkuat lapisan pelindung kulit.

Karena bunga telang mengandung antioksidan tumbuhan dan vitamin antioksidan seperti vitamin A, C dan E, bunga telang dapat membantu memperkuat lapisan pelindung kulit atau biasa dikenal dengan skin barrier. Penghalang kulit adalah lapisan atas kulit yang disebut stratum korneum. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari iritan, termasuk alergen dan bakteri.

10. Cocok untuk semua jenis kulit.

Bunga pea disebut sebagai perawatan kulit ajaib yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Hal ini karena kandungan bunga kacang polong cukup lembut sehingga dapat digunakan pada semua jenis kulit sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

11. Meredakan iritasi kulit ringan

Sebuah studi tahun 2018 tentang bunga kacang memiliki Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah untuk membuat masker wajah menunjukkan bahwa kandungan bunganya membantu meredakan gatal dan iritasi kulit ringan.

Warna biru bunga kupu-kupu kacang dianggap sebagai kondisioner kulit. Hasil penelitian ini didukung oleh Indian Journal of Pharmacology yang menyatakan bahwa bunga tea tree efektif dalam meremajakan kulit.

12. Mengurangi kemerahan

Karena kemampuannya meredakan iritasi kulit, bunga juga mampu meminimalkan kemerahan akibat jerawat, kekeringan, dan iritasi lainnya.

Baca juga: 20 Manfaat Daun Sirih Keraton Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

13. Meningkatkan kelembapan kulit

Studi yang sama mencatat bahwa bunga kacang polong efektif dalam meningkatkan kelembapan kulit.

Hal ini penting karena kulit yang lembab dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit sehingga lebih bercahaya.

Selain itu, kulit yang lembab dapat mencegah dehidrasi kulit dan meningkatkan keseimbangan lipid.

14. Meningkatkan perlindungan kulit

Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah yang  lain adalah sebagai pelindung.

Bunga telang mengandung antioksidan nabati dan vitamin antioksidan seperti vitamin A, C dan E, yang berfungsi meningkatkan perlindungan alami kulit.

Selain itu, perlindungan maksimal juga akan menghindarkan kulit dari iritasi, termasuk alergen dan bakteri.

15. Meningkatkan kesehatan kulit

Flavonoid dalam bunga kacang polong membantu merangsang produksi kolagen dan membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit. Minum secangkir teh bunga telang hangat secara teratur dapat menghilangkan partikel makanan yang tidak tercerna dari sistem pencernaan, hati, dan ginjal.

Ini pada akhirnya membersihkan tubuh dari dalam, sehingga membantu mencerahkan kulit kusam, menghilangkan bintik hitam dan warna kulit tidak merata.

16. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah juga baik untuk rambut karena mengandung antosianin, senyawa yang dikenal dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Ini juga membantu memperkuat folikel rambut dari dalam.

Baca juga: 25 Manfaat Lulur Kunyit Untuk Kecantikan dan Atasi Penuaan Dini

Itulah artikel tentang 10 Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah dan Mencegah Penuaan Dini. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *