Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab

Pendidikan78 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab

 

Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab

Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab

Jawab :

Tanggung jawab adalah kewajiban seseorang atau sebuah lembaga untuk melakukan sesuatu atau mempertanggungjawabkan sesuatu yang telah di lakukan. Tanggung jawab dapat di tujukan kepada individu, kelompok, atau organisasi.

Pembahasan detail tentang tanggung jawab

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda tergantung pada posisi atau peran yang mereka jalani. Sebagai contoh, seorang ibu memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya, seorang karyawan memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan tempat ia bekerja, dan seorang pemimpin memiliki tanggung jawab terhadap para anggota yang di pimpinnya.

Tanggung jawab juga dapat di tujukan kepada sebuah lembaga atau organisasi, seperti perusahaan, pemerintah, atau organisasi non-profit. Contohnya, sebuah perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap karyawan, pelanggan, dan pemegang saham, sedangkan sebuah pemerintah memiliki tanggung jawab terhadap rakyat yang di pimpinnya.

Tanggung jawab juga dapat di tujukan kepada masyarakat secara keseluruhan, seperti tanggung jawab terhadap lingkungan atau tanggung jawab sosial. Contohnya, sebuah perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan dengan tidak merusak lingkungan selama proses produksi, sedangkan seorang individu memiliki tanggung jawab sosial dengan memberikan sumbangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Detail Soal

Kelas: 4 SD

Mapel: ilmu sosial

Bab: Bab 10 – Masalah Sosial di Lingkungan Setempat

Kata Kunci ; masalah sosial, permasalah lingkungan, sosial  

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *