Kadal Berkembang Biak Dengan Cara

Pendidikan226 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Kadal Berkembang Biak Dengan Cara

Kadal Berkembang Biak Dengan Cara

Kadal Berkembang Biak Dengan Cara

Jawaban dari soal Cara berkembang biak kadal dengan bertelur dan beranak. Oleh karena itu, kita dapat mengelompokkan kadal sebagai makhluk hidup yang bereproduksi secara ovovivipar.

Pembahasan : Reproduksi Secara Ovovivipar

Kata ovovivipar berasal dari dua kata yaitu ovipar (yang bertelur) dan vivipar (yang melahirkan). Oleh karena itu, ovovivipar berarti bertelur dan melahirkan. Hal ini menandakan bahwa makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan sekaligus dapat disebut sebagai hewan ovovivipar.

Berikut adalah proses perkembangbiakan kadal sebagai pembawa hidup:

  • Embrio baru berkembang di dalam telur.
  • Telur yang mengandung embrio tetap berada di tubuh induk kadal hingga menetas.
  • Ketika sudah cukup umur, telur akan menetas di dalam tubuh induknya.
  • Individu baru yang telah menjadi bayi kadal keluar dari tubuh induknya (ibu melahirkan bayi kadal).

Ada beberapa hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar, seperti:

  • Kadal
  • Pelampung
  • Hiu
  • Balapan

Selain ovovivipar, ada dua jenis reproduksi lagi, yaitu:

  1. Ovipar, berasal dari kata ovum (telur), atau perkembangbiakan makhluk hidup melalui telur. Embrio hewan berkembang dan dibantu oleh simpanan makanan di dalam telur. Telur-telur tersebut nantinya akan menetas setelah berada di luar tubuh induknya.
  2. Vivipara, atau reproduksi makhluk hidup melalui persalinan. Embrio biasanya berkembang dan menerima makanan dari ibu melalui plasenta hingga cukup besar. Selanjutnya, induk akan melahirkan individu baru yang terbentuk sempurna.
    Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ovovivipar adalah jenis reproduksi yang menggabungkan ovipar (bertelur) dan vivipar (hidup).

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : Biologi

Bab : Ciri Makhluk Hidup

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *