Apa Yang di Maksud Dengan Adalah

Pendidikan243 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Apa Yang di Maksud Dengan Adalah

 

Apa Yang di Maksud Dengan Adalah

 

Apa Yang di Maksud Dengan Adalah

Jawab :

Apa arti dari ADALAH menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI sebagai berikut:

  1. Sesuatu yang identik dengan apa pun.
  2. Yang memiliki arti yang sama dengan sesuatu yang lain.
  3. Sesuatu yang termasuk golongan atau kelompok.
  4. Menurut KBBI, kata yang di kandungnya adalah kata kerja, sehingga di kelompokkan sebagai Kata Kerja dengan kode kategorisasi dalam kamus sebagai V.

Pembahasan detail tentang kata tersebut adalah

Kata tersebut dalam kaidah bahasa Indonesia termasuk dalam kelompok kata KONJUNGSI. Konjungsi di artikan sebagai kata penghubung, yaitu kata yang menghubungkan kata dengan kata, frase dengan frase, klausa dengan klausa atau kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Konjungsi juga bisa disebut sebagai kata yang tugasnya menghubungkan dua satuan bahasa yang berada pada tingkatan yang sama. Ada berbagai jenis konjungsi, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • KONJUNGSI KOORDINATIF, artinya adalah konjungsi yang berperan menghubungkan 2 elemen atau lebih yang kedudukannya sama pentingnya (status sintaksnya sama). Contoh konjungsi koordinasi termasuk dan, tetapi, atau.
  • KORELASI KONJUNGSI, adalah konjungsi yang berperan menghubungkan 2 unsur bahasa yang status sintaksisnya setara atau sama, misalnya tetapi juga, apalagi, dalam beberapa hal, begitu dan seterusnya.
  • KONJUNGSI SETARA, yaitu konjungsi yang tidak muncul di akhir kalimat dan tidak selalu di ikuti kata benda. Contoh konjungsi ini antara lain: HANYA, ADALAH, ADALAH, TANPA, SEPERTI, dan lain-lain.

Detail Soal

Kelas      : SMA

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : Konjungsi

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *