Lagu Garuda Pancasila Diciptakan Oleh

Pendidikan265 Dilihat

Lagu Garuda Pancasila Diciptakan Oleh

Dalam setiap upacara kenegaraan di Indonesia, pasti terdengar sebuah lagu yang cukup familiar. Lagu tersebut adalah “Indonesia Raya” yang sering dianggap sebagai lagu kebangsaan Indonesia. Namun, sebenarnya Indonesia memiliki dua lagu kebangsaan. Selain Indonesia Raya, ada juga Lagu Garuda Pancasila yang menjadi lagu kebangsaan kedua Indonesia. Setiap kali mendengar Lagu Garuda Pancasila, mungkin kita bertanya-tanya siapakah penciptanya dan kapan lagu ini diciptakan.

Sebagai sebuah lagu kebangsaan, Lagu Garuda Pancasila memiliki makna yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Selain itu, Lagu Garuda Pancasila juga sering dianggap sebagai simbol dari Indonesia yang bersatu dan berdaulat. Oleh karena itu, informasi tentang pencipta Lagu Garuda Pancasila sangatlah penting untuk diketahui oleh seluruh warga negara Indonesia.

Lagu Garuda Pancasila Diciptakan Oleh

  • H. Mutahar
  • R.A. Kosasih
  • A.K. Pringgodigdo
  • Sudharnoto

H. Mutahar

th?q=h+mutahar&pid=Api&mkt=en US&adlt=moderate&t=1

H. Mutahar adalah salah satu pencipta Lagu Garuda Pancasila. Ia lahir pada 22 Desember 1916 di Jakarta dan meninggal dunia pada 25 Agustus 2017 di usia 100 tahun. H. Mutahar merupakan seorang musisi dan komponis yang telah banyak menciptakan lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Lagu-lagu buatannya antara lain Ibu Kita Kartini, Padamu Negeri, dan tentu saja, Lagu Garuda Pancasila.

R.A. Kosasih

th?q=ra+kosasih&pid=Api&mkt=en US&adlt=moderate&t=1

R.A. Kosasih adalah seorang seniman serba bisa yang juga turut serta dalam menciptakan Lagu Garuda Pancasila. Tidak banyak informasi yang diketahui tentang kisah hidup R.A. Kosasih, namun karya-karya yang ditorehkannya akan selalu dikenang dalam sejarah seni Indonesia. Selain Lagu Garuda Pancasila, ia juga menciptakan musik untuk beberapa film Indonesia pada masa itu.

A.K. Pringgodigdo

th?q=ak+pringgodigdo&pid=Api&mkt=en US&adlt=moderate&t=1

A.K. Pringgodigdo adalah seorang komponis, penulis lagu, dan pemusik Indonesia. Ia lahir di Solo pada 26 November 1919 dan meninggal pada 19 Oktober 1999 di Jakarta. Ia telah menciptakan banyak lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi ternama dan juga telah banyak meraih penghargaan atas karya-karyanya. Lagu Garuda Pancasila yang diciptakannya bersama H. Mutahar dan R.A. Kosasih menjadi salah satu karya terbaiknya.

Sudharnoto

th?q=sudharnoto&pid=Api&mkt=en US&adlt=moderate&t=1

Sudharnoto adalah seorang pengarang lirik yang turut serta dalam menciptakan Lagu Garuda Pancasila. Ia lahir di Madiun pada tahun 1923 dan meninggal pada 10 Maret 2006. Selain menjadi pengarang lirik, Sudharnoto juga pernah menjadi anggota DPR RI. Lagu Garuda Pancasila menjadi salah satu karya terbaik dari Sudharnoto dalam dunia kesenian.

Kesimpulan

Dari beberapa nama yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa Lagu Garuda Pancasila tidak diciptakan oleh satu orang saja. Sebaliknya, lagu ini diciptakan oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa maestro musik Indonesia pada masanya. Lagu Garuda Pancasila diciptakan pada tahun 1958 dan kemudian diresmikan sebagai lagu kebangsaan kedua Indonesia pada tahun 1984.

Saran

  • Kita sebagai warga negara Indonesia, hendaknya senantiasa menghargai dan mempelajari sejarah lagu kebangsaan kita sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap bangsa dan negara.
  • Mari kita lestarikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia dan selalu bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang besar dan megah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *