Kenali Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel, Jenis dan Contohnya!

Bisnis154 Dilihat

Banyak pebisnis sering mendengar kata ritel dalam urusan sehari-hari mereka. Namun apakah para pelaku bisnis mengetahui jenis-jenis retailer yang umum di Indonesia? Untuk melakukan ini, baca artikel tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel sampai akhir untuk ikhtisar masing-masing jenis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel

Ritel adalah kegiatan pemasaran yang mencakup semua kegiatan penjualan untuk didistribusikan langsung kepada pengguna akhir untuk konsumsi pribadi dan bukan untuk dijual kembali.

Pedagang yang bergerak dalam bisnis ini biasa disebut dengan pengecer. Pada umumnya, pengecer membeli barang dalam jumlah besar dari produsen atau pemasok untuk mencapai harga yang lebih rendah. Kemudian diproses dan dijual kembali dalam jumlah yang lebih kecil ke konsumen akhir.

Manfaat Bisnis Ritel

Tentu Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel menawarkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Sebagai pemasok barang dalam ekonomi sirkular dan biasanya toko retail tidak jauh dari masyarakat sehingga tidak memakan waktu lama.
  • Perusahaan ritel juga memproduksi dalam skala besar karena produksi ini tidak dapat berjalan dengan baik jika perusahaan ritel tidak mendistribusikan produk ke pelanggan.
  • Di sisi lain, dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat karena produk yang ditawarkan juga memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: 15 Strategi Bisnis Ritel Untuk Menarik Konsumen

Contoh Jenis Toko Retail

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis gerai ritel di mana konsumen akhir dapat membeli barang atau produk kebutuhan sehari-hari dan memenuhi gaya hidup mereka.

1. Departemen Store

Ritel jenis ini biasanya memasok barang-barang yang disusun berdasarkan kategori. Kemudian didistribusikan ke berbagai lokasi fisik di dalam department store. Beberapa kategori tersebut antara lain pakaian, sepatu, perhiasan, kecantikan, peralatan rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, dan lain-lain. Contoh department store yang biasa kita kunjungi adalah Hypermart, Carefour, Matahari dan masih banyak lagi.

2. Toko Kelontong

Toko kelontong adalah warung kecil dengan sembako yang biasanya ada di dekat rumah. Ritel jenis ini biasanya menjual semua minuman dan sembako, kebutuhan rumah tangga dan lain-lain.

3. Warehouse Retailer

Jenis ritel ini adalah fasilitas pergudangan tipe besar tanpa embel-embel yang diisi dengan berbagai produk yang dikemas dalam jumlah besar. Kemudian barang yang dikirim dijual dengan harga lebih rendah dari harga eceran.

Baca juga: 15 Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

4. Specialty Retailer

Pengecer ini adalah spesialis yang menawarkan kategori produk tertentu. Victoria’s Secret, Nike, dan Toys R adalah contoh pengecer khusus.

5. Convenience Retailer

Umumnya ritel jenis ini merupakan bagian dari lokasi ritel di SPBU. Tetapi juga menjual berbagai macam barang dengan harga premium dan kenyamanan.

6. Mobile Retailer

Ritel jenis ini biasanya menggunakan platform smartphone untuk memproses transaksi ritel dan kemudian mengirimkan produk yang dipesan langsung ke pelanggan.

7. Internet Retailer

Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel ini biasanya menjual situs belanja online dan mengirimkan pesanan langsung ke rumah atau tempat kerja konsumen. Ritel jenis ini biasanya menjual barang dengan harga yang lebih rendah dari retail.

Contoh bisnis retail sendiri tidak hanya yang sudah disebutkan dan masih banyak lagi jenisnya berdasarkan volume penjualan untuk teknik pemasaran yang digunakan.

8. Hypermarket

Anda dapat menemukan kebutuhan sehari-hari seperti makanan pokok yang terdiri dari beras, minyak, gula dan lainnya di Hypermart. Untuk menjadi contoh toko ritel skala besar, artinya semua barang dikirim dalam jumlah besar. Semua transaksi pembelian dan penjualan barang tidak setara dengan pembelian barang secara individual dan tidak tersedia dalam jumlah banyak.

Dalam skala yang sudah besar, ada banyak keuntungan di mana harga yang diiklankan, bahkan jika tetap, biasanya jauh lebih murah. Tentu saja karena ada barang dalam jumlah besar, jadi wajar jika banyak pengecer membeli barang di sana.

9. Indomaret

Dikenal memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia, menjadikannya salah satu mini market terpopuler. Berdasarkan fakta pendukung, franchise yang satu ini juga sudah mulai berjualan sejak tahun 1988. Tren jumlah gerai hingga saat ini terus meningkat.

Pada tahun 2017 sudah ada 13.000 perusahaan dari mitra bisnis tersebut. Berbagai koperasi juga telah dibentuk, antara lain unit usaha perorangan, unit usaha dan koperasi. Memiliki merek yang sudah dikenal masyarakat tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi retailer.

Baca juga: 7 Prinsip Etika Bisnis untuk Menjadi Wirausahawan Sukses

Apa jenis toko ritel yang ada?

1. Berdasarkan tingkat penjualan

  • Lingkup besar

Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel yang memasok barang-barang yang dijual dalam jumlah besar. Hypermarket, supermarket dan department store adalah contoh dari jenis klasifikasi ritel ini. Banyak orang menyebut contoh klasifikasi ini sebagai perdagangan modern bukan hanya karena ukurannya yang besar tetapi juga karena memiliki kesan modern tentang lokasi dan layanannya.

  • skala kecil

Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel yang menjual barang dalam unit yang lebih kecil. Disebut juga perdagangan umum atau eceran tradisional karena pada umumnya dilakukan secara konvensional oleh perorangan. Contoh dari jenis ritel ini adalah kios, toko serba ada dan toko serba ada.

2.Berdasarkan Kepemilikan

  • Ritel Independen

Dalam tipe ini, toko ritel dimiliki oleh satu orang atau lebih. Umumnya dilakukan dalam skala kecil dan independen dari pemiliknya. Seiring pertumbuhan perusahaan, pemilik menambah jumlah karyawan, menambah modal usaha, dan menggunakan sistem dan manajemen yang lebih baik.

  • waralaba / waralaba

Merupakan jenis toko retail dengan cara membeli atau menyewa yang haknya menggunakan konsep produk merek tertentu. Dengan model seperti itu, para pelaku usaha yang mendapatkan hak tersebut dapat menjual produk yang sudah dikenal masyarakat.

  • rantai perusahaan

Kepemilikan toko ritel jenis ini merupakan gabungan dari beberapa pemegang saham individu dalam bisnis tersebut. Jenis ini dilakukan oleh perusahaan dan umumnya berlangsung dalam skala besar.

Baca juga: 20 Bisnis yang Menjanjikan di Masa Depan yang Tak Ada Matinya

3. Berdasarkan Teknik Pemasaran

  • ritel offline

Proses transaksi jenis ini dapat dilakukan tanpa jaringan internet. Memerlukan kehadiran konsumen di toko untuk proses pembelian. Biasanya, pengecer offline ini menggunakan strategi pemasaran di dalam toko seperti: B. Memasang spanduk, spanduk atau properti fisik untuk memudahkan konsumen berbelanja.

  • Ritel online

Seringkali perkembangan teknologi semakin mendiversifikasi cara pemasaran. Salah satunya adalah jenis pengecer online yang tidak menggunakan toko fisik untuk pemasaran. Namun melalui media digital seperti membuat akun bisnis di berbagai marketplace, berjualan di media sosial atau bahkan website toko online pribadi.

Tentunya dengan mengetahui jenis-jenis toko ritel, para pelaku bisnis dapat menentukan jenis toko ritel yang sesuai dengan kebutuhannya. Tentu saja, itu tergantung pada target pelanggan, konsep merek atau produk, dan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Terlepas dari jenis toko ritelnya, bisnis perlu memahami pengalaman berbelanja yang “mulus” bagi pelanggan. Sekarang sudah bisa terintegrasi dalam satu sistem baik online maupun offline. Sehingga toko retail bisa lebih digandrungi oleh pelanggan.

Mengelola bisnis ritel Anda semakin mudah dengan JUBELIO. Perusahaan dapat memproses pesanan baik offline maupun online hanya dengan satu platform.

Bahkan dapat diintegrasikan dengan manajemen persediaan untuk akuntansi. Untuk pelanggan di toko fisik, Anda dapat menggunakan JUBELIO POS untuk membuat belanja lebih nyaman.

Selain itu, Jubelio juga memberikan berbagai penawaran spesial untuk kamu yang ingin menggunakan Jubelio sekarang juga.

Promo spesial 20% untuk mendaftar dan ikut demo Jubelio setiap Selasa dan Kamis, daftar sekarang!

Baca juga: Berbagai Strategi Promosi Bisnis yang Jitu

Akhir kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Ritel adalah suatu usaha untuk memasarkan suatu produk atau jasa eceran kepada konsumen akhir dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya dan bukan untuk dijual kembali. Bagaimana Grammeds tertarik dengan perusahaan yang satu ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *