10 Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan Simak Penjelasannya!

Kesehatan126 Dilihat

Sorgum adalah tanaman dari keluarga rumput-rumputan, selalu satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum. Biji sorgum mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga digunakan sebagai makanan pokok oleh lebih dari 500 juta orang di bumi. Namun, sebagian besar produksi sorgum digunakan untuk pakan ternak. Namun bagi dunia kesehatan, sorgum merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Demikian artikel tentang Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan

Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan
cdn-2.tstatic.net

Berikut 10 Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan.

Berikut 10 Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan simak apa saja ;

1.Kesehatan pencernaan

Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan yang pertama adalah kesehatan penceraan. Seperti kebanyakan makanan sehat, sorgum juga mengandung serat yang meningkatkan sistem pencernaan. Satu porsi sorgum mengandung 48% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

Artinya, saluran pencernaan akan menyimpan makanan dan mencernanya dengan cepat, sehingga dapat mencegah hal-hal seperti kram, kembung, sembelit, sakit perut, kelebihan gas, dan diare.

Baca juga: Pencernaan Pada Tubuh Manusia

2. Kesehatan jantung

Jumlah serat yang diperoleh dari mengkonsumsi sorgum akan membantu tubuh mengikis kolesterol berbahaya (LDL), sehingga meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

3. Mencegah Kanker

Lapisan biji sorgum mengandung antioksidan penting yang tidak ditemukan di banyak jenis makanan lainnya. Dibandingkan dengan gandum dan jagung, antioksidan dalam sorgum lebih efektif dalam mengurangi pertumbuhan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan.

4. Periksa diabetes

Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan adalah mengatasi diabetes, Sorgum memiliki enzim yang dapat menghambat penyerapan pati dalam tubuh, membantu mengatur insulin, dan dapat mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak akan mengalami peningkatan kadar glukosa, sehingga mencegah syok diabetes dan komplikasi kesehatan lainnya.

Baca juga: Obat Tradisional untuk Mengatasi Diabetes

5. Periksa penyakit celiac

Meskipun penyakit celiac adalah penyakit baru, penyakit ini mendapat banyak perhatian dari dunia. Penyakit celiac adalah alergi parah terhadap gluten, yang ditemukan terutama pada produk berbasis gandum.

Namun, sorgum adalah sereal yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita penyakit celiac tanpa peradangan yang menyakitkan, mual dan kerusakan gastrointestinal yang disebabkan oleh gluten.

6. Kesehatan tulang

Kandungan magnesium yang tinggi pada sorgum akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Mineral ini juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak atau menua. Oleh karena itu sorgum juga dapat membantu dalam mencegah kondisi seperti osteoporosis dan radang sendi.

7. Perkembangan sel darah merah

Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan berikutnya adalah perkembangan sel darah merah. Sorgum juga mengandung tembaga, dimana tembaga ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Ini akan mengurangi risiko terkena anemia. Dengan cukupnya zat besi dan tembaga dalam sistem tubuh, perkembangan sel darah merah akan meningkat.

Perkembangan sel darah merah juga akan meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan meningkatkan pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan rambut dari kulit kepala.

Baca juga: 15 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Wajah Simak Penjelasannya!

8. Stabilitas energi

Niasin (Vitamin B3) merupakan komponen kunci yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bagi tubuh. Sorgum mengandung 28% asupan niasin harian yang direkomendasikan, sehingga konsumsi sorgum dapat mempercepat metabolisme, meningkatkan stabilitas energi tubuh.

9. Kesehatan tiroid

Mangan adalah komponen tiroksin, yang merupakan hormon penting dalam kelenjar tiroid. Sorgum kaya akan mangan, yang berguna untuk membantu fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh.

10. Meningkatkan kekuatan kognitif

Fungsi otak dan neurotransmitter berasal dari fosfor. Fosfor yang terkandung dalam sorgum akan membantu menjaga respon emosional, neuronal dan hormonal untuk mencegah penurunan kognitif dan gangguan terkait usia seperti penyakit Alzheimer.

11. Membantu tubuh membangun jaringan dan sel baru

Sorgum memiliki banyak vitamin, mineral dan zat gizi mikro. Yang mana, bahan-bahan tersebut dapat membantu tubuh membangun jaringan dan sel baru, serta kalium dan fosfor. Selain itu, sorgum juga mengandung seng, tembaga dan lebih dari 20 mikronutrien serta kaya akan antioksidan.

Baca juga: 12 Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan Kesehatan, Simak Ulasan Berikut!

12. Membantu menurunkan berat badan

Cocok banget disantap oleh kamu yang sedang diet! Karena konsentrasi serat pangan yang terkandung dalam sorgum cukup tinggi dibandingkan dengan jenis biji-bijian lainnya.

Kandungan serat yang tinggi ini memastikan tingkat rasa kenyang yang lebih lama, dan menjaga perut dari rasa lapar. Ini memiliki efek mengurangi nafsu makan, sehingga sorgum juga membantu menurunkan berat badan.

Satu porsi sorgum mengandung lebih dari 12 gram atau menyumbang sekitar 48% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

13. Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan kandungan serat yang tinggi, sorgum membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Sifat penurun kolesterol sorgum juga mengurangi kemungkinan penyumbatan aliran darah, arteriosklerosis dan pembentukan plak.

Sorgum tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga antioksidan dan nutrisi seperti magnesium, zat besi, vitamin B dan vitamin E. Kandungan tersebut juga membantu tubuh terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Baca juga: 25 Manfaat Zat Gizi Pada Tempe Untuk Kesehatan Yang Harus Diketahui!

14. Meningkatkan energi dalam tubuh

Mengkonsumsi makanan dengan bahan utama sorgum dapat memberikan kekuatan pada tubuh untuk bersemangat dalam beraktivitas. Sorgum mengandung banyak niasin atau vitamin B3. Vitamin B merupakan bagian integral dari konversi makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

Niasin memastikan bahwa tingkat energi dalam tubuh konsisten sepanjang hari, dengan porsi sorgum terhitung sekitar 28% dari asupan harian yang direkomendasikan.

15. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan selanjutnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Untuk menghindari anemia, sorgum merupakan konsumsi yang tepat karena tanaman ini mengandung zat besi dan tembaga, dua mineral penting bagi tubuh. Keduanya memiliki peran masing-masing, zat besi sangat penting untuk perkembangan sel darah merah.

Sedangkan tembaga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan demikian, asupan sorgum dapat membantu meningkatkan perkembangan sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah secara umum dalam tubuh.

Baca juga: 10 Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah dan Mencegah Penuaan Dini

16. Mengontrol gula darah dalam tubuh

Gula darah merupakan masalah umum yang tidak hanya menyerang orang tua, anak muda kini juga dihantui penyakit tersebut. Jadi asupan hariannya seimbang, tanpa menyebabkan gula darah naik drastis.

Sorgum dapat membantu mengontrol gula darah, dimana setiap sorgum yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna secara perlahan, sehingga mendorong peningkatan gula darah secara bertahap.

17. Baik untuk kesehatan tulang

Selain susu, tidak ada salahnya mengonsumsi sorgum agar tulang menjadi sehat dan kuat. Kadar magnesium dalam sorgum cukup tinggi untuk membantu menjaga kalsium, yang merupakan makanan terpenting untuk tulang. Dengan kata lain, magnesium meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Efek konsumsi sorgum

Tidak ada peringatan atau larangan khusus terhadap konsumsi sorgum. Namun, sorgum, seperti makanan pada umumnya, dapat menyebabkan alergi bahkan pada mereka yang sensitif terhadap makanan.
Semua produk olahan sorgum memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jadi mereka yang kelebihan berat badan harus mempertimbangkan dosis konsumsi sorgum karena dapat menyebabkan penambahan berat badan dan juga meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga: 20 Manfaat Isi Alpukat Untuk Kesehatan Obat Tak Terduga!

Itulah Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan tanaman yang berkerabat dekat dengan padi. Di India, sorgum biasanya dibuat menjadi tepung, yang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan dosa, panekuk lezat khas negara Bollywood. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk membuat roti atau kue! Tidak ada salahnya mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *