Obat Batuk Kering Secara Alami dan Paling Ampuh

Obat Batuk Kering
asset.kompas.com

Batuk juga bisa disertai dengan gejala lain yang tidak kalah mengganggu, seperti sakit tenggorokan dan pilek. Berbagai Obat Batuk Kering yang mudah didapatkan di apotek bisa diandalkan sebagai pengobatan pertolongan pertama. Namun terkadang Anda bisa lebih mengandalkan Obat Batuk Kering tradisional untuk meredakan batuk sebelum minum obat. Untuk itu simak ulasan lengkap obat batuk alami berikut ini.

Obat Batuk Kering Secara Alami dan Paling Ampuh

Sebelum mencoba obat batuk resep yang bisa Anda beli di apotek atau supermarket, cobalah bahan alami untuk meredakan gejala batuk akibat infeksi saluran pernapasan ringan, seperti pilek dan flu.

Bacaan Lainnya

Padahal, ramuan tradisional ini tidak hanya bermanfaat untuk berbagai jenis batuk, tetapi juga mengatasi gejala pernapasan lain yang mungkin menyertainya, seperti hidung tersumbat.

Meski banyak yang percaya bahwa bahan alami tidak memiliki efek samping seperti obat batuk yang di jual bebas, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

Berikut adalah daftar Obat Batuk Kering bahan alami dan tradisional yang dapat membantu Anda meredakan batuk.

1. Jahe

Obat Batuk Kering Minum campuran jahe yang telah di larutkan dalam air panas atau teh dapat membantu meredakan gejala Obat Batuk Kering.

Saat batuk, tenggorokan yang terinfeksi bisa meradang dan teriritasi.

Untuk meredakannya, Anda membutuhkan bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Untungnya, ketiga antitusif tersebut terkandung dalam jahe.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Rossalia di Lampung, jahe mengandung gingerol dan shaogaol yang bersifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan akibat infeksi.

Tidak hanya anti-inflamasi, menurut National Institutes of Health, jahe memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Kandungan antibakteri dan antivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi saluran pernapasan sekaligus mencegah berkembangnya virus dan bakteri baru.

Jahe juga merupakan obat penghilang rasa sakit (painkiller) alami yang dapat memberikan efek menghangatkan tubuh.

Rasa hangat jahe membantu melonggarkan lendir di saluran pernapasan, sehingga cocok sebagai obat herbal untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Tidak hanya itu, jahe sebagai obat batuk alami dapat mengurangi sakit tenggorokan akibat batuk kering.

Sensasi hangatnya mampu mengendurkan otot leher yang tegang.

Anda bisa mengonsumsi obat batuk yang mengandung jahe, madu, mint dan licorice dengan cara meminumnya langsung.

Keempat bahan herbal ini dapat membantu meredakan batuk dan menghangatkan tenggorokan.

Baca juga: 10 Cara Meredakan Batuk Tanpa Obat Kimia

2. madu

Obat Batuk Kering Madu sering di gunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk batuk.

Sebagai hasil penelitian dari Naveed sama sekali, madu memiliki efek antioksidan, antiinflamasi dan relaksasi.

Demulcent adalah zat yang dapat membentuk lapisan pada selaput lendir sehingga memiliki efek menenangkan dan melindungi dari iritasi atau peradangan.

Berdasarkan penelitian lain oleh Paul et al di Amerika, peneliti membagi dua kelompok pasien yang berbeda, yaitu mereka yang mengonsumsi madu dan yang tidak. Obat Batuk Kering

Hasilnya, di temukan bahwa kelompok yang mengonsumsi madu memiliki frekuensi batuk yang lebih rendah di bandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi madu.

Madu juga terbukti memiliki manfaat lain, yaitu membantu menghasilkan lapisan pelindung yang meredakan iritasi atau peradangan pada selaput lendir.

Penelitian yang di publikasikan oleh Canadian Family Physician membuktikan bahwa kandungan madu efektif menyembuhkan batuk jika di konsumsi secara teratur.

Zat analgesik yang terdapat dalam bahan alami ini mampu menghentikan infeksi pada penyakit yang menyebabkan batuk kering atau batuk berdahak.

Untuk efek optimal sebagai obat batuk tradisional, Anda bisa meminum satu sendok teh madu langsung saat perut kosong.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencampurnya dengan susu atau teh herbal dengan jus lemon.

Kombinasi madu dan lemon mungkin lebih baik melawan batuk karena membantu meningkatkan pergerakan udara di saluran udara.

Baca juga: Obat Batuk Alami Untuk Dewasa yang Aman dan Paling Ampuh

3. Mint

Daun mint sudah di kenal sejak dahulu kala sebagai agen untuk memberikan sensasi segar pada tubuh.

Berkat sensasi sejuknya, mint kemudian banyak di gunakan di beberapa produk seperti pasta gigi, teh, atau permen.

Tak hanya itu, daun mint juga bermanfaat untuk membantu meredakan masalah saluran pernapasan bagian atas dan batuk.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan di Inggris oleh Morice sama sekali, mint di temukan menjadi agen antitusif yang sangat efektif untuk meredakan gejala batuk.

Daun mint mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi. Anda bisa mencoba meramu obat tradisional dengan membuat teh daun mint.

Kandungan mentol pada daun mint juga berperan sebagai analgesik atau pereda nyeri saat batuk.

Caranya, masukkan beberapa lembar daun mint ke dalam air panas lalu tunggu beberapa saat sebelum diminum.

Selain obat tradisional tersebut, kandungan mint juga bisa Anda temukan pada obat batuk yang tersedia di apotek.

Pilih obat batuk yang mengandung jahe, madu, mint, dan licorice untuk meredakan gejala batuk dan menghangatkan tenggorokan.

Baca juga: Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Aman dan Paling Ampuh

4. Akar licorice

Lama di gunakan sebagai Obat Batuk Kering untuk meredakan sakit tenggorokan, akar licorice juga dapat di gunakan sebagai obat batuk alami, terutama batuk berdahak dan batuk karena alergi.

Berdasarkan penelitian dari Monica di India, licorice efektif di gunakan untuk pengobatan batuk karena mengandung demulcent dan ekspektoran.

Karena efek ekspektorannya, licorice dapat membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah di keluarkan.

Licorice bekerja dengan menghasilkan lapisan pelindung pada selaput lendir di saluran pernapasan untuk meredakan iritasi atau peradangan akibat batuk.

Glycyrrhiza glabra atau licorice juga dapat menurunkan frekuensi batuk dengan cara meningkatkan ambang rangsang batuk pada pusat batuk di otak.

Kandungan glycyrrhizin pada obat batuk dari akar licorice ini memiliki sifat antialergi sehingga dapat mengencerkan lendir penyebab sesak nafas saat bernafas.

5. Air asin

Garam bisa menjadi Obat Batuk Kering alami yang mudah di dapat di rumah. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan.

Cara tradisional ini juga dapat membantu melonggarkan dahak yang menumpuk di bagian belakang tenggorokan, sehingga batuk akan mereda.

Untuk membuat obat batuk berdahak dari larutan garam, tambahkan 1/4 sampai 1/2 sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan aduk hingga larut.

Kemudian bilas mulut Anda dengan larutan ini setiap tiga jam selama 3-4 kali sehari.

Jika ingin menggunakan ramuan tradisional ini sebagai obat batuk untuk anak, pastikan Anda memberi tahu si kecil cara berkumur yang benar agar larutannya tidak tertelan.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami

6. Lemon

Buah-buahan juga dapat di gunakan sebagai obat batuk alami, salah satunya adalah lemon.

Sebagai Obat Batuk Kering, lemon mampu mengurangi peradangan yang terjadi di tenggorokan, sekaligus memberikan asupan vitamin C bagi tubuh.

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam memberantas infeksi bakteri, termasuk infeksi pada saluran pernapasan yang menyebabkan batuk.

Ramuan obat batuk sederhana bisa di buat dengan mencampurkan satu sendok teh air jeruk lemon dengan satu sendok teh madu. Minum beberapa kali sehari.

Cara lain untuk mengonsumsi lemon sebagai obat batuk adalah dengan mencampurkan merica dan madu ke dalam air perasan lemon.

7. Kunyit

Kunyit di percaya dapat mengurangi gejala batuk berkepanjangan, terutama sebagai obat batuk kering alami.

Dalam kunyit terdapat kurkumin yang memiliki sifat anti inflamasi untuk melawan partikel asing penyebab infeksi pada saluran pernapasan.

Untuk menjadikan kunyit sebagai obat batuk alami, Anda bisa menumbuk kunyit menjadi bubuk halus dan mencampurnya dengan segelas susu panas.

Anda juga bisa mencampurnya dengan garam dalam teh bersama dengan empat gelas air untuk meredakan tenggorokan gatal.

Hindari minum air putih segera setelah mengkonsumsi ramuan obat batuk ini. Air dapat menghambat kerja senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam kunyit.

Itulah beberapa Obat Batuk Kering secara alami dan sudah terbukti ampuh yang bisa di coba di rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *