Mengenal Akun Bisnis Google dan Keunggulannya

Bisnis41 Dilihat

Bisnisku Alat atau aplikasi Google untuk pengusaha. Dengan mencantumkan di Akun Bisnis Google, Google akan mencantumkan lokasi bisnis Anda di Google Maps dan di mesin telusur. Sehingga calon pelanggan mudah untuk menemukan informasi bisnis Anda. Hal ini karena beberapa informasi akan ditampilkan, antara lain nama perusahaan, alamat/lokasi perusahaan, alamat email, jam operasional, nomor perusahaan, alamat website, foto kantor, ulasan pelanggan.

Selain itu, Google juga telah merilis fitur baru yang memungkinkan Anda memposting tautan ke artikel atau acara mendatang. 

Keunggulan Akun Bisnis Google

Selain calon pelanggan mengetahui informasi alamat Anda. Sebenarnya ada beberapa keuntungan lain jika Anda mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, antara lain:

Bisnis Anda akan dipromosikan di Google Maps

Jika Anda sudah mendaftar, Anda berkesempatan untuk berpromosi secara gratis di Google Maps . Berdasarkan survei, setidaknya 77% pengguna internet menggunakan Google Maps. Sebagian besar dari mereka memiliki akses ke Google Maps dengan frekuensi yang cukup tinggi setiap bulannya. 

Fakta yang bagus, bukan? Iklankan Google Bisnisku dengan Google Map. Apalagi jika Anda juga memiliki toko fisik. Konsumen atau calon konsumen yang penasaran akan datang langsung ke lokasi Anda untuk membeli produk.

Mendapatkan review dari banyak pelanggan

Selain berpromosi melalui Google Maps, Anda juga dapat berkesempatan untuk direview oleh pelanggan atau pengunjung yang pernah melakukan transaksi di online atau fisik. Ulasan pelanggan sangat berguna untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan merek . Menariknya, Anda juga bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan, yakni dengan menanggapi review yang mereka berikan.

Layanan Website Gratis

Selain mendapatkan Google Bisnisku, Anda juga mendapatkan website gratis. Jadi, jika Anda tidak memiliki situs web penjualan, Anda dapat membuat Google.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Bisnis Google

Mendaftar ke Akun Bisnis Google

Mendaftar ke Google Bisnisku sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi https://www.google.co.id/business/ lalu klik “Kelola Sekarang”. 

Kemudian Anda akan diminta untuk masuk ke Google , misalnya [email protected], setelah masuk ke akun Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat bisnis Anda. Google Bisnisku juga akan meminta untuk menempatkan penanda tempat usaha di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi tempat usaha perusahaan.

Jika bisnis Anda hanya toko online, tetapi beroperasi di area seperti Bekasi, Anda dapat menyertakan area layanan sebagai gantinya. Setelah selesai, klik berikutnya. 

Selanjutnya, Google akan meminta untuk memasukkan kategori bisnis. Misalnya, perusahaan farmasi dengan kategori jasa pengujian obat.

Opsi ini untuk memudahkan Google mengelompokkan bisnis berdasarkan kategori. Jadi, jika seseorang mencari perusahaan farmasi di Jakarta melalui Google, informasi tentang perusahaan itu akan muncul di hasil pencarian,

kemudian Anda akan diminta untuk menulis kontak, seperti nomor telepon kantor dan email. Anda juga akan dimintai URL situs web bisnis yang terdaftar. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengklik opsi ‘Saya tidak memerlukan situs web’. Namun jika Anda ingin membuat website gratis, Google memiliki domain dan template.

Baca juga: Cara Pasang Lokasi Bisnis di Google Map. Cepat dan Mudah!

Hebat bukan Akun Bisnis Google?

Setelah semuanya selesai, Google Bisnisku akan meminta verifikasi bisnis dari Google Bisnisku. Mengapa Anda perlu verifikasi? Intinya untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan informasi bisnis Anda. Selain itu, dengan verifikasi juga, perusahaan Anda terdaftar memiliki reputasi yang baik. 

Cara verifikasinya sangat mudah, jika Anda mengisi semua informasi dengan lengkap dan benar. Pilih opsi konfirmasi segera dengan mengisi nama penerima dan alamat pos. Setelah itu klik, kirim kartu pos. Biasanya, surat dari Google Bisnisku paling lambat lima hari setelah Anda mengisi data.

Saat Anda meminta verifikasi, Anda tidak dapat mengedit informasi yang telah didaftarkan. Pastikan semua informasi sudah benar. Saat surat diterima, masukkan kode verifikasi dalam surat.

Kemudian proses verifikasi selesai, selamat perusahaan anda sudah terdaftar. Setelah menerima surat dari Google , Anda dapat melanjutkan proses verifikasi dengan kode verifikasi yang disebutkan dalam surat tersebut. Caranya adalah dengan memilih menu Google Bisnisku dan menu “Verifikasi Lokasi”.

Baca juga: Cara Klaim Bisnis di Google Maps

Optimalkan Google Bisnisku

Setelah akun Anda diverifikasi, toko Anda akan muncul di halaman pertama Google. Anda perlu Google Bisnisku. Metodenya adalah sebagai berikut.

  • Lengkapi

panel Semua informasi Google Bisnisku , seharusnya tidak ada data. Jika belum, coba isi semuanya, termasuk menulis deskripsi bisnis.

Deskripsi digunakan sebagai gambaran umum tentang apa yang dilakukan perusahaan Anda dan menulis kata kunci yang terkait dengan perusahaan. Cobalah untuk membatasi deskripsi hingga 750 karakter dan sertakan 2-3 kata kunci yang menggambarkan bisnis Anda. Misalnya Obat Alfan, Bekasi, Toko Obat Murah.

  • Posting di Google Bisnisku

Untuk menarik konsumen, Anda dapat menampilkan konten di penelusuran dan Google Maps. Untuk memposting, Anda harus masuk ke akun Anda dan membuat posting baru.

Anda akan dapat memanggil gambar, menulis teks hingga 300 kata atau judul acara, yang harus menyertakan awal/akhir dan tautan ke konten produk atau posting di situs web Anda. Misalnya konten tentang cara jualan online, cara sukses jualan online, layanan website toko online, layanan website toko online seputar cara membuat website penjualan. Selain menulis konten dan mengunggah gambar, ada opsi lain seperti membuat penawaran, meluncurkan produk baru, dan menawarkan produk Anda.

Anda dapat mengatakan bahwa Anda mendapatkan banyak kemudahan melalui Google Bisnisku-.

  • Unggah sepuluh foto

Agar lebih optimal lagi, Anda dapat menambahkan 10 fotoatau video ke Google Bisnisku. Apa gunanya? Agar pengunjung tahu seperti apa tampilan toko Anda atau apa yang Anda lakukan. Anda dapat menambahkan gambar seperti status toko Anda, lingkungan, produk, karyawan, pembeli, dll.

  • Kumpulkan ulasan

Seperti yang mereka katakan, akun bisnis googlepenting. Anda dapat mengumpulkan ulasan dari pengunjung yang membeli atau pergi ke toko . Cara terbaik untuk mengumpulkan ulasan adalah dengan memberikan diskon saat pembeli meninggalkan ulasan di akun Anda.

Jangan lupa untuk menanggapi ulasan baik atau buruk. Pastikan Anda menanggapi semua ulasan agar mereka tahu bahwa Anda serius. Ini juga akan membantu pelanggan lain mempercayai bisnis Anda. Dan terima kasih kepada pelanggan yang meninggalkan ulasan bagus.

Baca juga: Cara Posting di Google Bisnis Pasti Cuan

Opsi Verifikasi Google Bisnisku

Seperti disebutkan sebelumnya, verifikasi sangat penting untuk menjaga keamanan akun Anda. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa hal, yaitu:

  • menanggapi komentar setiap pelanggan yang memberikan ulasan,
  • membuat iklan Google Bisnisku,
  • membuat penawaran,
  • menambahkan katalog produk,
  • memberikan informasi tentang acara bisnis Anda.

Jika tidak ingin menunggu lama untuk surat dari pos, Anda dapat memilih opsi konfirmasi lainnya, antara lain:

Melalui telepon

Menggunakan nomor telepon bisnis, Anda dapat memilih konfirmasi berupa pin yang dikirim dapat dikirim ke SMS atau telepon. Tanpa menunggu berhari-hari, Anda dapat menerima kode verifikasi melalui SMS atau telepon.

Melalui email,

klik tautan konfirmasi yang dikirim melalui email dan ikuti langkah-langkah yang disebutkan.

Melalui Google My Console

Cara termudah adalah dengan mengecek melalui Google Search Console. Sementara Anda telah menggunakannya di situs web bisnis. Tetapi jika Anda baru menggunakan Search Console, Anda dapat memeriksa situs web Anda dan menambahkan profil.

Via video

Seperti halnya metode video, Anda harus membuat video yang menunjukkan nama alamat yang didaftarkan.tertentu Area di tempat usaha atau pekerjaan yang hanya dapat diakses oleh orang dalam atau karyawan.

Baca juga: Cara Hapus Google Bisnis Dengan Mudah

Jadi optimalkan dengan akun bisnis google. Jika Anda menggunakan, Anda juga dapat mendaftar di sana, karena sudah terintegrasi dengan aplikasi. Kabar baiknya adalah setelah mengintegrasikan Google Bisnisku,Anda juga dapat beriklan di Google Ads.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *