Obat Batuk Alami Untuk Dewasa yang Aman dan Paling Ampuh

Obat Batuk Alami Untuk Dewasa

Batuk juga bisa di sertai gejala lain yang tidak kalah mengganggu seperti sakit tenggorokan dan pilek. Sebagai pengobatan pertama, Anda bisa mengandalkan berbagai obat batuk yang sudah tersedia di apotek. Namun, terkadang Anda bisa lebih mengandalkan cara tradisional atau bahan alami untuk meredakan batuk sebelum minum obat. Simak ulasan Obat Batuk Alami Untuk Dewasa berikut ini untuk itu.

Obat Batuk Alami Untuk Dewasa

Sebelum mencoba obat batuk yang di jual bebas di apotek atau supermarket, cobalah bahan alami untuk membantu meredakan gejala batuk akibat infeksi saluran pernapasan ringan, seperti pilek dan flu.

Bacaan Lainnya

Ramuan tradisional Obat Batuk Alami Untuk Dewasa Selain bermanfaat untuk batuk, obat ini bisa mengatasi masalah pernapasan lain yang di sertai seperti hidung tersumbat.

Meskipun banyak yang percaya bahwa bahan-bahan alami tidak memiliki efek samping seperti obat batuk yang di jual bebas, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter.

10 Ramuan Tradisonal Obat Batuk Alami Untuk Dewasa di Jamin Ampuh

Berikut adalah daftar bahan alami dan tradisional yang dapat membantu meredakan batuk.

1. Jahe yang di Larutkan

Ramuan Tradisional Obat Batuk Alami Untuk Dewasa yang pertama yaitu Jahe yang di larutkan dalam air hangat atau teh dapat membantu meredakan gejala batuk.

Tenggorokan yang terinfeksi bisa meradang dan teriritasi, dan untuk mengatasinnya hanya membutuhkan bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Untungnya, ketiga agen penyembuh batuk tersebut terkandung di jahe.

Menurut penelitian Rossalia di Lampung, jahe mengandung gingerol dan shaogaol yang bersifat anti inflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan akibat infeksi.

Menurut National Institute of Health, jahe tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Kandungan antibakteri dan antivirusnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi saluran pernapasan sekaligus mencegah berkembangnya virus dan bakteri baru.

Jahe juga merupakan obat penghilang rasa sakit alami (analgesik) yang dapat memberikan efek menghangatkan tubuh.

Sensasi hangat jahe membantu melonggarkan lendir di saluran udara, menjadikannya obat herbal untuk batuk di sertai dahak.

Selain itu, jahe sebagai obat batuk alami dapat mengurangi sakit tenggorokan akibat batuk kering.

Sensasi hangat dapat mengendurkan otot tenggorokan yang tegang.

Anda bisa menggunakan obat batuk yang mengandung jahe, madu, mint, dan akar licorice dengan cara mengkonsumsinya secara langsung.

Keempat bahan herbal ini dapat membantu meredakan batuk dan menghangatkan tenggorokan.

Baca juga: Obat Batuk Kering Secara Alami dan Paling Ampuh

2. Madu

Menurut temuan penelitian dari Naveed, madu memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi dan menenangkan.

Softener adalah zat yang dapat membentuk lapisan pada selaput lendir, sehingga berfungsi sebagai obat penenang dan pelindung terhadap iritasi atau peradangan.

Saar penelitian yang di lakukan oleh Paul et al di Amerika, dia membagi dua kelompok pasien yang berbeda, yaitu mereka yang mengonsumsi madu dan yang tidak.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi madu lebih jarang mengalami batuk di bandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi madu.

Madu juga telah terbukti memiliki manfaat lain, termasuk membantu membentuk lapisan pelindung yang meredakan iritasi atau peradangan pada selaput lendir.

Penelitian yang di terbitkan oleh Canadian Family Physician membuktikan bahwa kandungan madu efektif menyembuhkan batuk bila dikonsumsi secara rutin.

Senyawa analgesik yang ada dalam bahan alami ini dapat menghentikan infeksi yang di sebabkan oleh penyakit yang menyebabkan batuk kering atau dahak.

Untuk efek optimal sebagai obat batuk tradisional, Anda bisa meminum satu sendok teh madu langsung saat perut kosong.

Atau, Anda bisa mencampurnya dengan susu atau teh herbal dengan jus lemon.

Kombinasi madu dan lemon mungkin lebih baik untuk batuk karena membantu meningkatkan aliran udara di saluran udara.

3. Obat Batuk Alami Untuk Dewasa Daun Mint

Daunnya sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai sarana penyejuk tubuh.

Berkat rasa segarnya, mint kemudian banyak di gunakan dalam berbagai produk seperti pasta gigi, teh atau permen.

Tidak hanya itu, daun mint juga bermanfaat untuk Obat Batuk Alami Untuk Dewasa yang sudah teruji khasiatnya.

Menurut sebuah penelitian yang di lakukan di Inggris oleh Morice, mint ditemukan menjadi antitusif yang sangat efektif dalam meredakan gejala batuk.

Daun mint mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi. Anda bisa mencoba menyeduh obat tradisional dengan membuat teh mint.

Kandungan mentol pada daun mint juga berfungsi sebagai analgesik atau pereda batuk.

Caranya, masukkan beberapa lembar daun mint ke dalam air panas lalu tunggu sebentar sebelum diminum.

Selain obat tradisional tersebut, daun mint yang terkandung dalam obat batuk bisa Anda temukan di apotek.

Pilih obat batuk yang mengandung jahe, madu, mint, dan licorice untuk meredakan gejala batuk dan menghangatkan tenggorokan.

4. Akar licorice

Akar licorice Lama di gunakan sebagai obat herbal untuk sakit tenggorokan, akar licorice juga dapat di gunakan sebagai obat alami batuk terutama batuk berdahak dan batuk karena alergi.

Menurut penelitian Monica di India, akar licorice di gunakan secara efektif untuk mengobati batuk karena bersifat emolien dan ekspektoran.

Karena efek ekspektorannya, licorice dapat membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah di keluarkan.

Licorice bekerja dengan membuat lapisan pelindung pada selaput lendir saluran pernapasan untuk meredakan iritasi atau peradangan akibat batuk.

Glycyrrhiza glabra atau akar licorice juga dapat mengurangi frekuensi batuk dengan meningkatkan ambang rangsang batuk di pusat batuk di otak.

Kandungan glycyrrhizin pada obat batuk berbahan akar licorice ini memiliki sifat anti alergi, sehingga dapat mengencerkan lendir yang menyebabkan rasa sesak saat bernafas.

Baca juga: 10 Cara Meredakan Sesak Nafas Secara Alami Sudah Terbukti Ampuh!

5. Larutan Air garam

Air garam bisa jadi obat batuk alami yang mudah di dapat di rumah. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan.

Obat Batuk Alami Untuk Dewasa tradisional ini juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di bagian belakang tenggorokan untuk meredakan batuk.

Untuk menyiapkan obat batuk berdahak asin, tambahkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 gelas (250 ml) air hangat dan aduk hingga larut.

Kemudian bilas mulut Anda dengan larutan ini 3-4 kali sehari setiap tiga jam.

Jika ingin menggunakan ramuan tradisional ini sebagai obat batuk untuk anak, pastikan untuk memberitahu si kecil cara berkumur dengan baik agar larutannya tidak tertelan.

6. Perasan Jeruk Lemon

Jeruk lemon juga bisa di gunakan sebagai Obat Batuk Alami Untuk Dewasa

Sebagai obat batuk, lemon dapat mengurangi radang tenggorokan sekaligus memberikan vitamin C bagi tubuh.

Vitamin C bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh untuk membasmi infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran pernapasan yang menyebabkan batuk.

Ramuan obat batuk sederhana bisa di buat dengan mencampurkan satu sendok teh air perasan lemon dengan satu sendok teh madu. Minum beberapa kali sehari.

Cara lain untuk mengonsumsi lemon sebagai obat batuk adalah dengan mencampurkan merica dan madu ke dalam air perasan lemon.

7. Obat Batuk Alami Untuk Dewasa Kunyit

Kunyit di percaya dapat mengurangi gejala batuk berdahak, terutama untuk obat batuk kering alami.

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk melawan partikel asing yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

Untuk menjadikan kunyit sebagai obat batuk alami, haluskan kunyit menjadi bubuk halus dan campurkan ke dalam segelas susu hangat.

Anda juga bisa mencampurnya dengan garam dalam teh dengan empat gelas air untuk meredakan tenggorokan gatal.

Hindari minum air putih segera setelah mengkonsumsi ramuan obat batuk ini. Air dapat menghambat kerja senyawa anti inflamasi pada kunyit.

Baca juga: 10 Cara Meredakan Batuk Tanpa Obat Kimia

Itulah artikel tentang 10 Ramuan Tradisional Obat Batuk Alami Untuk Dewasa yang di jamin ampuh meredakan batuk. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *