Jelaskan Pengertian Al Amin

Pendidikan13 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Al Amin

 

Jelaskan Pengertian Al Amin

Jelaskan Pengertian Al Amin

Jawab :

Pengertian al-amin adalah dapat di percaya.

Pembahasan detail tentang Al Amin

Gelar al-amin di dapat Rosulullah sebelum Rosulullah Muhammad menjadi seorang Nabi dan Rosul, gelar al-amin di dapat Rosulullah ketika peristiwa pembangunan ka’bah, setelah pembangunan selesai timbul masalah, siapa yang berhak meletakkan hajar aswad ketempatnya, ahirnya di sepakati bahwa siapa yang pertama kali masuk makkah (masjidil haram) dia lah yang berhak meletakkan hajar aswad pada tempatnya, dan keesokan harinya, mereka mendapati Rosulullah yang pertama kali masuk masjidil haram, dan karena prilaku terpuji Rasulullah mereka percaya dan tidak keberatan Rosulullah yang meletakkan hajar aswad pada tempatnya.

Namun karena budi dan kecerdasan Rosulullah, ahirnya Rosul menggelar surbannya dan meletakkan hajar aswad pada tengah”nya dan setiap pojok surbannya di pegang oleh kepala suku, dengan demikian semua suku ikut andil dalam peletakan hajar aswad, namun yang meletakkan pada tempatnya tetap Rosulullah.

Dalam Riwayat lain menceritakan bahwa gelar al-amin karena di nisbahkan pada ibunya Rosulullah yang bernama Aminah, namun hal ini di bantah oleh orang arab, orang arab menjelaskan bahwa gelar al-amin bukan di nisbahkan pada ibunya, bukan sama sekali bukan, gelar al-amin benar” karena prilaku Rosulullah yang amanah, jujur dan dapat di percaya.

Detail Soal

Kelas : 7

Mapel : PAI

Kategori : cerita Nabi dan Rosul

Kata Kunci : Gelar al-amin

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *