Jelaskan Pengertian Seni Tari dan Sebutkan Unsur Utama Seni Tari

Pendidikan18 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Seni Tari dan Sebutkan Unsur Utama Seni Tari

 

Jelaskan Pengertian Seni Tari dan Sebutkan Unsur Utama Seni Tari

Jelaskan Pengertian Seni Tari dan Sebutkan Unsur Utama Seni Tari

Jawab :

 

Seni tari adalah latihan ritmis yang di lakukan pada tempat dan waktu tertentu untuk tujuan sosial, mengungkapkan perasaan, niat, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut sebagai musik pengiring tari mengatur gerak penari dan menguatkan makna yang ingin di sampaikan.

Unsur-unsur tari adalah irama, suasana, viraga, tata rias dan busana, pola lantai, tata panggung, properti.

Pembahasan lengkap tentang seni tari

Penjelasan pengertian tari adalah gerak tubuh yaitu berupa mimpi dan sebagainya yang di bawakan secara ritmis dan biasanya di iringi dengan bunyi-bunyian misalnya musik, gamelan. Sedangkan makna tari adalah gerak tubuh yang ritmis sebagai ungkapan ekspresi jiwa yang menciptakan gerak sehingga akan menghasilkan unsur keindahan dan makna yang dalam. Tari adalah seni yang berfokus pada konsep kreatif dan koreografi.

Unsur- unsur Tari :

  • Pergerakan

Unsur gerak atau yang biasa juga di sebut dengan wiraga atau badan adalah unsur tari yang berupa gerak tubuh. Gerak tubuh ini dapat di lakukan dalam posisi berdiri maupun duduk dan yang terpenting dari sebuah tarian adalah seni gerak.

  • Lagu

Seni tari juga di tuntut memiliki unsur ritme yang berguna untuk menyesuaikan gerak dengan iringan, seperti tempo atau hentakan pada setiap gerakan. Bimbingan itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu bimbingan internal dan bimbingan eksternal. Iringan internal dapat berupa nyanyian atau tepukan tangan dari penari, sedangkan iringan eksternal dapat berupa nyanyian atau alat musik dari luar penari.

  • Rasa

Akal dalam seni tari berarti sebuah tarian yang harus bisa mewakili perasaan yang ada di dalam jiwa. Selera dalam tarian sering di kaitkan dengan ekspresi. Sedangkan ekspresi dalam sebuah tarian memegang peranan penting dalam menyampaikan pesan dan makna kepada penontonnya.

Dengan gerak, ritme, dan juga rasa tarian, kita bisa menyampaikan pesan tersendiri dan juga memiliki nilai seni. Selain ketiga unsur tersebut, ada juga unsur pendukung sebuah tarian seperti tata rias, kostum, tata letak dan pola lantai.

Detail Soal

Kelas     : SD

Mapel    : Bahasa Indonesia

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *