Jelaskan Pengertian Prinsip Ekonomi

Pendidikan14 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Prinsip Ekonomi

 

Jelaskan Pengertian Prinsip Ekonomi

Jelaskan Pengertian Prinsip Ekonomi

Jawab :

Prinsip ekonomi itu sendiri kemudian dapat di artikan sebagai pengorbanan yang sekecil-kecilnya yang kemudian mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Kemudian dalam bentuk lain adalah kegiatan usaha yang alat-alatnya di anggap seadanya untuk memperoleh hasil yang tergolong optimal.

Penjelasan rinci tentang prinsip-prinsip ekonomi

Dalam suatu perekonomian terdapat berbagai macam pelaku ekonomi yang kemudian terbagi dalam berbagai bidang seperti produsen, konsumen dan distributor

1. Prinsip ekonomi produsen

Produsen memiliki pemahaman di mana mereka memiliki kemampuan untuk memproduksi barang atau jasa. Kemudian contoh-contoh yang di miliki oleh para produsen dari suatu prinsip ekonomi yang mereka miliki adalah:

Jika produsen tempe memberikan pertimbangan untuk menggunakan kedelai di mana harga kedelai relatif murah namun kualitas kedelai cukup baik. Jika kemudian melihat kebutuhan pasar akan kebutuhan tersebut, para produsen kemudian mampu membuat tempe yang di buat dalam beberapa bagian.

Prinsip pabrikan adalah:

sebuah. Menggunakan bahan baku yang memiliki harga murah dengan kualitas produk yang baik.

  1. Juga menganalisis dan belajar dari kebutuhan pasar.
  2. Melaksanakan kegiatan produksi barang dan jasa yang di anggap sesuai dengan apa yang di inginkan konsumen dan selera konsumen itu sendiri.
  3. Memiliki penawaran barang dan jasa dengan harga bersaing

2. Prinsip Ekonomi Konsumen

Konsumen dalam kegiatan ekonomi adalah setiap orang di muka bumi yang seharusnya melakukan kegiatan ekonomi seperti melakukan transaksi

Contoh dari prinsip ekonomi konsumen itu sendiri adalah ketika seseorang memutuskan untuk mengambil tindakan di mana dia tidak membeli seragam sekolahnya yang baru karena dia masih memiliki baju lamanya dan kemudian orang tersebut lebih mementingkan membeli sepatu.

3. Prinsip ekonomi distributor/pedagang

Di sini distributor adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mendistribusikan barang dan jasa.

Contohnya pedagang, di mana pedagang melihat keinginan dan kebutuhan pasar atas barang yang di milikinya dan barang yang di jualnya. Kemudian dia akan memilih barang yang berasal dari produsen yang memiliki kemampuan memberikan harga termurah.

Detail Soal

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Kategori : Bab 1 – Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kata Kunci : Motif, Prinsip, Tindakan, Ekonomi

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *