Jelaskan Daur Hidup Katak

Pendidikan106 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Daur Hidup Katak

Jelaskan Daur Hidup Katak

Jelaskan Daur Hidup Katak

Metamorfosis merupakan tahapan perkembangan hewan yang melibatkan perubahan fisik/bentuk tubuh. Perubahan bentuk yang terjadi terdiri dari perubahan anatomi, morfologi, maupun fisiologis. Metamorfosis terdiri dari metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Mari Kita Bahas Bersama Jawaban Soal : Metamorfosis Katak

Metamorfosis adalah perubahan bentuk pada makhluk hidup dalam siklus hidupnya. Katak merupakan salah satu hewan vertebrata yang mengalami proses metamorfosis.

Selama metamorfosis katak, perubahan berikut terjadi:

1. Telur

yang pertaa Telur katak tidak memiliki cangkang yang keras. Telur katak terjadi akibat pembuahan eksternal (di luar tubuh) dan berkembang di luar tubuh induknya.

2. Berudu

Kecebong merupakan perkembangan dari telur. Berudu memiliki ekor untuk berenang. Organ pernapasan berudu berbentuk seperti insang karena habitat perairannya.

3. Berudu dengan kaki

Perkembangan kecebong selanjutnya adalah kecebong berkaki. Kakinya muncul sebelum bertransformasi menjadi katak muda.

4. Katak berekor

Perkembangan katak berekor merupakan perkembangan lebih lanjut dari kecebong. Periode ini memungkinkan katak untuk hidup di darat karena memiliki kaki yang penuh. Pada tahap ini ekor katak belum hilang sama sekali.

5. Katak dewasa

Tahap sempurna dari metamorfosis katak dimana ekor katak telah hilang sama sekali. Hilangnya ekor katak di sebabkan oleh aktivitas lisosom. Aktivitas lisosom yang di maksud adalah autolisis di mana lisosom menghancurkan seluruh isi sel.

Detil Jawaban : Ciri Makhluk Hidup

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Bab: Ciri-ciri Makhluk Hidup

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *