Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Tapi Beromzet Besar

Bisnis22 Dilihat

Seperti diketahui, ada banyak Ide Bisnis Rumahan yang bisa langsung Anda eksekusi. Anda tinggal memilih ide bisnis dari rumah dan langsung membukanya meski hanya dengan modal kecil. Penghasilan yang Anda dapatkan dari ide bisnis rumahan ini tentunya akan menambah penghasilan Anda setiap bulannya mengingat harga kebutuhan pokok yang melambung tinggi dan diperparah dengan krisis akibat pandemi virus corona selama beberapa tahun terakhir.

Ide Bisnis Rumahan

Beberapa hal yang Anda perlukan sebelum menentukan ide bisnis rumahan yang tepat untuk dijalankan, tentunya adalah ketersediaan modal. Namun, Anda tidak perlu khawatir, artikel ini mencoba memberi Anda inspirasi untuk memilih ide bisnis rumahan mana yang tepat untuk Anda. Bahkan dengan modal yang tidak begitu besar pun Anda akan mendapatkan omzet yang besar seiring pertumbuhan perusahaan.

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Nyatanya, ada banyak sekali ide bisnis rumahan yang peluangnya bisa membuat Anda untung besar. Padahal tentunya tidak semua bisnis akan bertahan seiring dengan perubahan yang terus terjadi di dunia ini. Lihatlah beberapa peluang bisnis rumahan yang tak lekang oleh waktu.

1. Membuka Jasa Cuci Motor

Ide bisnis rumahan ini memang sudah dilihat banyak orang. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menjalankan bisnis ini. Lagi pula, jasa cuci motor merupakan jenis usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Apalagi saat musim hujan tiba, pelanggan akan terus datang dengan motor atau mobil kotornya. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain kompresor, ember, chamois, shampo mobil/motor, selang, listrik dan air. Perkiraan modal untuk membuka usaha ini sekitar Rp. 8 juta.

2. Membuka Jasa Laundry Kiloan

Di masa pandemi ini, banyak orang yang tetap beraktivitas meski hanya di rumah saja. Beberapa dari mereka adalah orang-orang yang super sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari. Dan mungkin mereka tidak punya cukup waktu luang untuk mencuci pakaian. Oleh karena itu, membuka jasa laundry seberat satu kilo bisa jadi ide bisnis rumahan pilihan Anda. Membuka usaha laundry seberat satu kilo di area seperti dekat kost-kostan atau pembangunan perumahan bisa membantu Anda memberikan penghasilan tambahan.

3. Penjualan Pulsa Listrik dan Paket Internet

Di era sekarang ini, smartphone menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar lagi. Anda juga bisa membuka layanan penjualan pulsa elektrik dan paket internet untuk melihat besarnya peluang ini. Ide bisnis rumahan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Anda juga hanya perlu mendaftar sebagai agen di internet legume dan distributor paket yang juga bisa diakses secara online.

4. Jasa Penjahit Pakaian

Jika Anda memiliki hobi menjahit, Anda bisa menekuni ide bisnis rumahan ini. Jangan salah, bisnis ini selalu menjadi incaran banyak orang karena banyak sekali peluang bisnis darinya. Anda bisa membuka layanan ini untuk custom gaun untuk pernikahan atau acara formal tertentu. Coba hitung berapa banyak seragam pernikahan yang bisa Anda jahit dalam setahun. Menjanjikan, bukan?

5. Membuka Jasa Foto dan Video

Ide bisnis rumah ini juga bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Semua orang mungkin bisa mengambil foto atau merekam video, tapi tidak semua orang bisa melakukannya secara profesional. Layanan foto dan video yang Anda buka bisa melayani berbagai kebutuhan seperti pernikahan, foto wisuda, dan masih banyak lagi.

6. Membuka Warung Kopi

coffee adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Meski kini kafe sudah menjamur dan menawarkan berbagai jenis kopi di setiap sudut kota, ide bisnis rumahan ini juga bisa Anda tempuh dengan teras dan beberapa coffee blender. Namun, perlu diingat bahwa juga perlu latihan untuk menyeduh kopi dengan baik. Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis rumahan ini bisa berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

7. Jual Jajanan atau Makanan

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah berjualan makanan atau jajanan yang tidak pernah mati. Potensi besar dari bisnis ini misalnya dengan menjual aneka kue atau jajanan pasar atau jajanan pasar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa membuka warung makan. Dengan modal yang tidak begitu banyak, Anda bisa membantu banyak orang mengatasi rasa lapar setelah seharian beraktivitas. Bisnis ini sangat cocok jika rumah Anda berada di kawasan yang ramai seperti di dekat kampus, kantor, atau sekolah.

Selain ide bisnis rumahan di atas, masih banyak ide bisnis lain yang bisa Anda kerjakan, seperti membuka jasa desain grafis, memberikan feedback untuk website baru, konsultan SEO, jasa penulisan lepas, jasa agen PPOB, jasa potong rambut, elektronik layanan barang, pembukaan kelas memasak dan banyak ide bisnis rumahan lainnya.

Tips Menjalankan Ide Bisnis Dari Rumah

Berikut adalah tips untuk menjalankan ide bisnis rumahan agar selalu cuan dan tidak merugi.

1. Jangan Takut Gagal

Setiap pebisnis akan dihadapkan pada dua pilihan, sukses atau gagal. Meski Anda masih pemula, Anda harus bisa mengatasi rasa takut gagal ini. Tentu saja perasaan ini hanya akan menghantui setiap keputusan yang Anda ambil, dan bisnis bisa berakhir gagal karenanya. Bangkitkan pola pikir pemenang dan percayalah bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat bisnis Anda sukses.

2. Pelajari manajemen administrasi yang baik

Meskipun ide bisnis rumahan dilakukan dalam skala kecil, penting untuk mempelajari dasar-dasar manajemen administrasi yang baik. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah jangan pernah mencampurkan keuangan bisnis dan pribadi. Pengelolaan administrasi yang tertib akan memudahkan kelangsungan bisnis rumahan yang Anda kelola.

3. Memilih ide bisnis rumahan berdasarkan minat

Membangun bisnis adalah hal yang sulit. Tetapi aktivitas yang penuh gairah akan membuat segalanya menjadi mudah karena Anda benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda suka memasak, bukalah usaha masakan rumahan. Intinya, pilihlah aktivitas yang benar-benar membuat Anda lebih hidup dan bahagia.

4. Tentukan visi dan misi

Menentukan visi dan misi akan membantu Anda menentukan tujuan dan arah ide bisnis rumahan Anda. Dengan memiliki tujuan, maka Anda akan memiliki tujuan yang ingin dicapai agar bisnis terus berkembang.

5. Hitung Kebutuhan Modal

Hitung juga apakah Anda memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha yang akan dipilih. Hindari membeli barang-barang yang tidak perlu sehingga Anda dapat mengalokasikannya untuk hal-hal yang benar-benar penting.

6. Tentukan waktu yang tepat untuk memulainya

Bisnis yang sukses selalu diawali dengan perencanaan yang baik. Salah satu perencanaan yang perlu Anda pikirkan adalah kapan memulai bisnis rumahan. Jika hal ini dilakukan tanpa perhitungan yang matang, tidak menutup kemungkinan perusahaan yang dibentuk dengan modal yang besar akan berakhir dengan kebangkrutan.

Akhir Kata

Ini adalah beberapa ide bisnis rumahan yang dapat Anda terapkan. Anda dapat terus mengembangkan bisnis Anda, tentunya dengan tambahan modal dari bank yang tepat. Dapatkan kemudahan pinjam uang di bank melalui layanan pinjam meminjam. Beberapa keuntungan dari pinjaman agunan antara lain tujuan peminjaman yang multiguna, proses yang cepat dan mudah, suku bunga yang kompetitif, dan agunan berupa uang tunai atau surat berharga. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *