7 Cara Membuat Website Gratis & Tanpa Coding untuk Pemula

Tips dan Trik77 Dilihat

Cara Membuat Website Gratis ini cukup sederhana dan tidak memerlukan coding, jadi bagi anda yang masih pemula tidak perlu kesulitan. Meskipun mudah, menentukan jenis situs web yang tepat membutuhkan pemikiran yang cermat. Karena pemilihan jenis website yang tidak sesuai dengan tujuan awal pembuatannya berpotensi menimbulkan banyak pekerjaan dan perubahan di kemudian hari.

cara membuat website gratis

Cara Membuat Website Gratis & Tanpa Coding

Oleh karena itu, cara membuat website bisa di mulai dengan menentukan jenis website dan platform yang akan di gunakan. Lebih detail Dewaweb telah merangkum informasi cara membuat website sendiri secara gratis dan tanpa menggunakan coding. Yuk, simak sampai selesai!

1. Cara Membuat Website Menentukan jenis website

cara membuat website gratis

Cara membuat website gratis yang pertama adalah dengan menentukan jenis website. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu dalam memprioritaskan proses pembuatan website. Misalnya, jika Anda memutuskan ingin menjual pakaian melalui situs web, Anda dapat memfokuskan upaya peningkatan Anda pada halaman katalog.

Lain halnya jika Anda ingin membuat blog pribadi, jadi Anda tidak perlu pusing memikirkan desain halaman katalog atau mengalokasikan sumber daya untuk mengkonfigurasi plugin toko online seperti WooCommerce atau PrestaShop.

Untuk memudahkan Anda menentukan jenis website, pikirkan dulu baik-baik apa yang ingin Anda dapatkan dari website tersebut. Berikut adalah beberapa jenis situs web yang paling umum di gunakan.

  • Situs Website personal. Situs web pribadi atau situs web pribadi umumnya berisi informasi atau opini tentang topik sehari-hari. Musisi, artis, dan figur publik lainnya seringkali memiliki situs web pribadi mereka sendiri.
  • Website toko online. Website toko online jenis ini di buat dengan tujuan untuk berjualan secara online. Produk yang di jual bisa berupa barang fisik, digital atau jasa. Website toko online memiliki fitur keamanan transaksi keuangan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Blog. Website dengan jenis blog ini memuat artikel-artikel yang informatif dan up-to-date, sehingga bisa memberikan bacaan yang menarik bagi pengunjungnya.
  • Situs Website organisasi dan instansi. Jenis situs web ini biasanya di gunakan oleh organisasi publik dan lembaga pemerintah sebagai identitas online mereka.
  • Portal berita. Website portal berita biasanya update dengan berita terbaru dalam waktu singkat, sehingga akan banyak tumpukan konten.
  • Website regional. Situs web regional biasanya di gunakan oleh pemerintah kota atau kabupaten.
  • Situs web sekolah. Website jenis ini di gunakan oleh lembaga pendidikan berupa sekolah atau universitas.

Baca juga: 16 Contoh Blog Bisnis Inspirasi Untuk Pengusaha

2. Cara Membuat Website Memilih platform website

Cara Membuat Website Gratis selanjutnya adalah dengan memilih platform web. Platform pembuatan situs web umumnya di kenal sebagai Content Management System (CMS). Sebagai informasi, CMS adalah sebuah sistem manajemen untuk semua konten yang di perlukan untuk pembuatan sebuah website seperti template, gambar, video, logo, teks dan lain sebagainya.

cara membuat website gratis

Perangkat lunak CMS ini memungkinkan Anda membuat situs web tanpa memerlukan pengetahuan teknis apa pun. Dalam proses pembuatan website, platform yang paling populer digunakan adalah WordPress. Saat ini, WordPress mendominasi pasar CMS dan di gunakan oleh lebih dari 40% website di dunia.

Ada beberapa CMS yang bisa di gunakan yaitu Drupal, WordPress, Joomla, Shopify, Wix, Blogger, hingga Magento. Dalam panduan ini kita akan menggunakan CMS WordPress sebagai contoh. WordPress sendiri merupakan CMS open source yang gratis untuk di gunakan.

3. Mengatur hosting dan domain gratis

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah dengan mengatur hosting dan domain gratis. Sebenarnya membuat website gratis tidak bisa menggunakan nama domain, namun Anda akan di haruskan untuk menggunakan domain tambahan dari penyedia website gratis tersebut.

Misalnya Anda ingin membuat website gratis di WordPress.com, maka website Anda harus menggunakan TLD WordPress (namawebsite.wordpress.com). Selain itu, fitur kustomisasi tampilan dan pengaturan SEO juga sangat terbatas, sehingga Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari website Anda.

Bagi Anda yang baru ingin membangun website, paket cloud hosting unlimited Pramuka Dewaweb mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Hanya dengan Rp. 20.000 per bulan (Rp. 240.000 per tahun), Anda dapat menggunakan situs web dengan domain pilihan Anda dan dukungan teknis 24/7 dari Dewaweb. Menariknya lagi, Anda juga bisa mendapatkan domain gratis jika memilih jangka waktu sewa minimal satu tahun.

Baca juga: Panduan Tata Cara Membuat Website Bisnis

4. Instal dan pasang WordPress

Setelah selesai melakukan konfigurasi hosting dan domain, cara membuat website selanjutnya adalah menginstal WordPress sebagai CMS untuk website Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat meminta WordPress untuk di instal secara otomatis selama proses pemilihan web hosting. Paling mudah, Anda bisa memilih aplikasi WordPress pada kolom Auto Install Web Application seperti gambar di bawah ini.

Namun, jika Anda melewatkan opsi ini selama proses pendaftaran, Anda dapat menginstal WordPress melalui penginstal aplikasi Softaculous. Berikut cara menginstal WordPress untuk situs web Anda.

  • Buka cPanel melalui namawebsite.com/cpanel.
  • Masukkan ID masuk dan kata sandi Anda.
  • Ketik Softaculous Apps Installer di kolom pencarian.
  • WordPress yang terhormat dari antarmuka Softaculous.
  • Klik Instal.
  • Isi informasi yang di perlukan, jangan lupa untuk mengatur nama pengguna dan kata sandi.
  • (Opsional) Pilih tema yang ingin Anda gunakan.
  • Klik Instal di bagian bawah halaman.

5. Cara Membuat Website Mengatur tema dan tampilan

Cara membuat website selanjutnya adalah mengatur tema dan tampilan serta nuansa yang ingin digunakan. Karena website ini disediakan gratis, pilihan tema di Softaculous sangat terbatas. Selain melalui installer aplikasi Softaculous, Anda juga bisa menginstal tema pilihan Anda melalui dashboard WordPress Anda dengan langkah-langkah berikut.

Akses dashboard WordPress Anda melalui cPanel dengan mengunjungi namawebsite.com/wp-admin.
Setelah berhasil masuk ke dashboard, kamu tinggal pilih Appearance > Themes > Add New. Kemudian pilih dari ratusan tema gratis yang tersedia.
Jika tema sudah terpasang, jangan lupa untuk mengaktifkannya sebagai tema website Anda.
Setelah menginstal tema, Anda perlu mengubah tampilan situs web Anda agar terlihat lebih profesional. Anda dapat melakukannya melalui Dashboard > Appearance > Customize.

Baca juga: Promosi Produk Yang Menggunakan Website

6. Pasang plugin yang ingin digunakan

Setelah tampilan website Anda bersih, kini saatnya untuk meningkatkan fitur dan fungsionalitas website Anda dari segi teknis. Caranya tentu saja dengan menggunakan plugin. Perhatikan bahwa ada beberapa plug-in instalasi wajib yang harus digunakan, seperti LiteSpeed ​​​​​​​​Cache dan Yoast SEO. Anda dapat menginstal plugin dengan masuk ke Dashboard > Plugins > Add New.

7. Optimasi Website

Setelah melakukan cara membuat website gratis seperti yang disebutkan di atas, situs Anda sudah selesai secara efektif dan Anda dapat mulai menulis konten atau mengunggah katalog. Namun, ada baiknya mengoptimalkan pengaturan situs web agar kinerjanya meningkat. Proses optimasi website dibagi menjadi dua bagian yaitu optimasi kinerja website dan optimasi SEO.

a. Optimasi performa website

Tujuan utama meningkatkan kinerja situs web secara teknis adalah untuk mempercepat waktu pemuatan situs web Anda. Semakin cepat situs web Anda dapat ditampilkan, semakin besar kemungkinan pengunjung untuk terus membaca konten atau menjelajahi katalog.

Di sisi lain, jika situs web Anda tidak dimuat dalam hitungan detik, pengunjung cenderung meninggalkannya dan mencari situs lain. Google juga menyatakan bahwa ada kemungkinan 32% orang akan meninggalkan situs web jika waktu muatnya 3 detik atau lebih.

b. Optimasi performa SEO

Search Engine Optimization (SEO) dapat membantu website baru Anda muncul di posisi teratas di halaman pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

Artinya, saat pengguna mencari kata kunci (contoh: “baju koko murah”) website Anda akan menjadi top result. Semakin tinggi peringkat website Anda di Google, semakin besar kemungkinan pengunjung memilih website Anda.

Sudah Tahu Cara Membuat Website Gratis?

Berikut cara membuat website gratis yang mudah dilakukan oleh pemula tanpa memerlukan coding. Padahal, untuk membangun website yang berkualitas, ada baiknya menggunakan layanan self-hosted

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *