Tinggi dan Rendahnya Bunyi di Sebut

Pendidikan40 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tinggi dan Rendahnya Bunyi di Sebut

 

Tinggi dan Rendahnya Bunyi di Sebut

 

Tinggi dan Rendahnya Bunyi di Sebut

Jawab :

Nada adalah tinggi rendahnya suara. Jenis-jenis nada adalah tangga nada diatonik, tangga nada pentatonik, dan tangga nada kromatik.

Pembahasan detail tentang Tinggi Rendahnya Bunyi

Nada

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian Nada adalah tinggi rendahnya suara (dalam lagu, musik, dll.). Nada memiliki suara yang teratur dan memiliki frekuensi tertentu. Misalnya rangkaian not yang terdiri dari 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Rangkaian not tersebut dapat di gunakan untuk mengetahui variasi not dan jenis tangga nada.

Berikut ini adalah beberapa jenis tangga nada :

  1. Tangga nada diatonis

Tangga nada di atonis adalah tangga nada yang terdiri dari 7 nada dasar. Ketujuh nada kunci tersebut adalah “Do Re Mi Fa Sol La Si.” Tangga nada di atonis memiliki 2 interval yaitu tangga nada satu setengah. Tangga nada diatonis terbagi menjadi dua, yaitu tangga nada di atonis minor dan tangga nada di atonis mayor.

  1. Skala Pentatonik

Dalam tangga nada pentatonik, penta berarti lima dan nada berarti nada. Oleh karena itu tangga nada pentatonik merupakan tangga nada yang terdiri dari 5 nada dasar. Pentatonik terbagi menjadi 2, ialah tangga nada slendro dan pelog.

  1. Tangga Nada Kromatis

Tangga nada kromatis mempunyai jumlah nada terbanyak di antara jenis tangga nada lainnya.

Detail Soal

Mapel : Seni Musik

Bab : Bermain Musik Ansambel

Kelas : VIII

Semester : 1

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *