Ovarium Adalah Tempat Terjadinya

Pendidikan169 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Ovarium Adalah Tempat Terjadinya

 

Ovarium Adalah Tempat Terjadinya

 

Ovarium Adalah Tempat Terjadinya

Jawab :

 

Ovarium yaitu tempat terjadinya oogenesis atau pembentukan sel telur. Di dalam ovarium terjadi pembelahan sel punca menjadi sel telur matang yang siap di buahi oleh sel sperma.

Pembahasan mendetail tentang Ovarium

Ovarium adalah sepasang organ yang terletak di sisi kiri dan kanan rahim (rahim). Ovarium sendiri merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi kelangsungan keturunan organisme. Mari simak pembahasan mengenai struktur dan fungsi ovarium

  1. Struktur Ovarium

Ovarium sendiri merupakan organ yang berbentuk tidak beraturan dan terletak di sisi ovarium. Fossa ovarium adalah area di sebelah rahim tempat ovarium duduk. Ovarium sendiri terletak di depan ureter dan di batasi oleh arteri iliaka interna dan arteri iliaka eksterna berwarna keputihan. Ovarium berhubungan langsung dengan ligamen infundibulum dan di sisi lain mengikat ligamen anovarian. Kami akan membahas dua struktur jaringan ovarium dan mikroanatomi.

  • Ligamen

Ligamen adalah jaringan ikat padat yang terdiri dari deretan kolagen horizontal. Ovarium sendiri terdiri dari ligamen luas yang disebut ovarium. Mesovarium terdiri dari ligamen ekstrauterin yang menutupi ovarium. Selain itu, cabang dari ligamen uterus posterior yang akan membentuk ikatan dengan ovarium disebut ligamen ovarium suspensori.

  • Mikroanatomi

Mikroanatomi dari ovarium yaitu :

– Jaringan epitel

Jaringan epitel yang membentuk ovarium adalah epitel kuboid bertingkat. Epitel berbentuk kuboid dengan nukleus yang terletak di tengah dan gelap. Lapisan luar ovarium di sebut germ epithelium.

– Lapisan ovarium

Ovarium sendiri terdiri dari tiga lapis lapisan luar yang terdiri dari enstroma folikel. Di dalam folikel terdapat zona pelusida, membran granulosa, dan lain-lain. Lapisan korteks kedua yang tersusun di atas adalah korpus luteum. Kemudian medula lagovarial terdalam.

Sel-sel folikel berasal dari sel epitel skuamosa yang menutupi ovarium yang mengelilinginya sel-sel granulosa yang berubah dari piring ke kubik apa yang berlapis.

  1. Fungsi ovarium

Fungsi ovarium selain sebagai penghasil gamet, sebenarnya ada dua fungsi ovarium lainnya yaitu

  • Sekresi hormon

Ada banyak hormon yang di sekresikan oleh kelenjar ovarium (indung telur). ada beberapa hormon estrogen, progesteron, umpan balik negatif hormon (hormon inhibin) di dalam hormon testosteron. Hormon estrogen berperan

  1. Pembentukan sel telur
  2. Pematangan oosit
  3. Memelihara organ reproduksi
  4. Berperan dalam mengatur siklus menstruasi
  5. Berperan dalam penampilan karakteristik seks sekunder perempuan

Adapun hormon progesteron memiliki fungsi yaitu :

  1. Mempertahankan endometrium
  2. Mengatur proses menstruasi
  3. Merangsang kelenjar susu selama kehamilan untuk mempersiapkan mereka untuk menyusui
  • Penuaan ovarium

Nampaknya indung telur dapat mengalami penuaan dimana indung telur tidak lagi memproduksi sel ovum yang di sebut (mati haid). Menopause dapat berkembang lebih cepat jika wanita mewarisi BRCA1 mutan protein perbaikan DNA. Protein BRCA1 di ketahui berfungsi dalam perbaikan kerusakan untai DNA. Peristiwa ini di sebut rekombinasi homolog.

 

 

Detail Soal

Kelas :11

Mapel : Biologi

Kategori : Sistem Reproduksi

Kata Kunci : ovarium

Kelas 11 Biologi Bab-9 Sistem Reproduksi

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *