Tanaman Cocor Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian

Pendidikan112 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tanaman Cocor Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian

 

Tanaman Cocor Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian

 

Tanaman Cocor Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian

Jawab :

Tanaman cocor menumbuhkan tunasnya pada bagian daun (dalam bentuk tunas adventif)

Pembahasan detail tentang Tanaman Cocor Menumbuhkan Tunasnya

Tunas tambahan memerlukan cara perbanyakan tanaman secara vegetatif (tidak kawin) dengan menggunakan tunas yang tidak tumbuh pada bagian yang seharusnya, misalnya pada ujung daun.

Tumbuhan tertentu seperti bebek coklat (Bryophyllum menyirip) akan tumbuh tunas-tunas kecil di ujung daun karena adanya hormon auksin dan sitokinin di daerah tersebut.

Pertumbuhan pucuk ini akan menghasilkan daun dan akar pada bagian ini. Pada tumbuhan seperti Cocor Bebek, bisa terdapat puluhan pucuk tambahan di sisi daun.

Setelah beberapa lama pucuk ini akan terlepas dari daun dan jatuh ke tanah, dimana pucuk ini akan membentuk tanaman baru.

Selain Cocor Bebek, tanaman lain yang memiliki pucuk tambahan misalnya pohon roti, buah begonia. Selain di ujung daun, tunas samping juga bisa tumbuh di bagian lain tanaman, seperti batang dan akar.

Seperti reproduksi vegetatif lainnya, tunas tambahan terbentuk tanpa penyerbukan atau perkawinan antara gamet jantan dan betina tanaman.

Dengan tunas samping, anakan yang di hasilkan dari tunas samping akan memiliki sifat yang sama persis dengan tanaman induknya. Hal ini di karenakan tanaman anakan merupakan klon (salinan) dari tanaman induk yang memiliki materi genetik yang sama persis.

Detail Soal

Mata pelajaran: Biologi

Kelas: VIII

Materi: Bab 6 – Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *