Orang Yang Menyekutukan Allah di Sebut

Pendidikan131 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Orang Yang Menyekutukan Allah di Sebut

 

Orang Yang Menyekutukan Allah di Sebut

Orang Yang Menyekutukan Allah di Sebut

Jawab :

 

Perbuatan menyekutukan Allah Swt disebut dengan syirik. Sedangkan orang yang menyekutukan Allah Swt. disebut dengan musyrik.

Pembahasan detail tentang Orang Yang Menyekutukan Allah

Menyekutukan Allah Swt  atau syirik adalah salah satu dosa besar. Nabi Muhammad saw. bersabda: “Ingatlah, maukah aku kabarkan kepadamu tentang dosa besar yang paling besar itu ada 3 macam?” Para sahabat menjawab, “Baik ya Rasulullah”. Bersabdalah Nabi, “yaitu syirik kepada Allah, durhaka kepada orang tua dan menjadi saksi palsu.” (HR. Bukhari)

Syirik di bagi menjadi 2 macam, yaitu syirik akbar (besar) dan syirik asghar (kecil). Syirik akbar sering di sebut juga dengan syirik jali dan syirik asghar di sebut juga dengan syirik khafi.

Di sebut syirik akbar apabila:

  1. Melakukan perbuatan yang menganggap ada tuhan selain Allah Swt atau menyekutukan Allh Swt. Dan tuhan-tuhan tersebut di jadikan tandingan di samping Allh Swt.
  2. Mengganggap ada sesembahan selain Allah Swt.
  3. Menganggap tuhan memiliki anak atau segala sesuatu yang mengingkari kemahakuasaan Allah Swt.

Orang-orang yang melakukan perbuatan tersebut di atas di sebut orang musyrik dan harus di murnikan ketauhidannya.

Syirik asghar adalah perbuatan yang secara tersirat mengandung pengakuan ada yang kuasa di samping Allah Swt. Contohnya riya’ dan sum’ah (sikap atau sifat gemar menunjukkan amal perbuatan yang telah di lakukan kepada orang lain).

 

Detail Soal

Kelas: X

Mapel: Akidah Akhlak

Bab: Seharusnya Kita Menghindari Perbuatan Syirik

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *