Letak Astronomis Indonesia Berada Pada

Pendidikan38 Dilihat

Letak Astronomis Indonesia Berada Pada

Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit seperti bintang, planet, galaksi, asteroid, dan fenomena alam lainnya di luar angkasa. Letak astronomis suatu wilayah sangat penting diketahui, termasuk juga keberadaan Indonesia di bumi.

Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Asia di sebelah utara dan Australia di sebelah selatan. Letaknya berada di belahan bumi timur yang dikenal sebagai Hemisfer Timur, dan juga terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik.

Letak Astronomis Indonesia Berada Pada

  • Garis bujur 95° – 147° BT
  • Garis lintang 6° LU – 11° LS

Letak Astronomis Indonesia Berada Pada: Garis bujur 95° – 147° BT dan garis lintang 6° LU – 11° LS. Garis bujur merupakan garis vertikal yang membentang dari kutub utara hingga kutub selatan melalui pusat bumi. Sedangkan garis lintang merupakan garis horizontal yang membentang dari barat ke timur melalui pusat bumi.

Garis Bujur 95° – 147° BT

Merupakan wilayah Indonesia yang terletak di tengah-tengah bumi antara barat dan timur. Indonesia memiliki 3 zona waktu yaitu WIB, WITA, dan WIT. WIB berada pada garis bujur 105° – 120° BT, WITA berada pada garis bujur 120° – 135° BT, dan WIT berada pada garis bujur 135° – 150° BT. Zona waktu ini berbeda-beda karena letak Indonesia yang sangat luas dan harus menyesuaikan dengan posisi matahari bagi setiap wilayahnya.

th?q=garis bujur 95 147 BT

Fungsi Garis Bujur 95° – 147° BT

  • Menentukan zona waktu Indonesia
  • Menentukan perbedaan waktu di setiap wilayah Indonesia
  • Memudahkan navigasi serta penentuan arah benda langit pada malam hari

Garis Lintang 6° LU – 11° LS

Merupakan wilayah Indonesia yang terletak di sekitar khatulistiwa yang mempunyai iklim tropis. Indonesia juga memiliki banyak pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya. Garis lintang pun mempengaruhi kondisi geografis, iklim, flora, dan fauna di suatu wilayah. Garis ini melintasi tiga pulau besar Indonesia yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

th?q=garis lintang 6LU 11LS

Fungsi Garis Lintang 6° LU – 11° LS

  • Menentukan letak Indonesia di belahan bumi timur yaitu Hemisfer Timur
  • Menentukan iklim tropis dan kondisi geografis Indonesia
  • Menentukan wilayah-wilayah pertanian dan perkebunan yang subur

Kesimpulan

Letak astronomis Indonesia berada pada garis bujur 95° – 147° BT dan garis lintang 6° LU – 11° LS. Letak ini mempengaruhi kondisi geografis, iklim, flora dan fauna, serta zona waktu yang berbeda-beda di setiap wilayahnya.

Saran

Diharapkan dengan mengetahui letak astronomis Indonesia masyarakat dapat lebih memahami kondisi geografis dan iklim negara kita. Selain itu, bagi para pelajar dan mahasiswa yang mempelajari astronomi, dapat memanfaatkan informasi ini untuk studi lebih lanjut tentang benda-benda langit yang terdapat di wilayah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *