Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Tips dan Trik24 Dilihat

Pada artikel ini membahas tentang Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi Paling Mudah. Metode mengembalikan foto yang terhapus di HP Android memang cukup menantang. Bisakah itu di lakukan? Jika memungkinkan, bagaimana? Setiap pengguna baik sengaja maupun tidak sengaja pasti pernah menghapus foto atau video di ponselnya. Ternyata, file foto yang ada di Galeri itu sangat penting.

Nyatanya, tidak ada lagi salinannya. Jadi pertanyaan ini muncul dapatkah Anda memulihkan foto yang di hapus di ponsel Anda? Jawabannya iya. Tapi, dengan dua syarat. Persyaratan pertama adalah pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan cadangan Foto Google atau layanan penyalinan otomatis. Maka dari itu foto yang tersimpan di cloud milik Google Photos. Syarat kedua adalah foto tidak disimpan di memori internal ponsel. Tetapi pada kartu SD. Jadi, jika kedua syarat ini tidak terpenuhi, maka sangat sulit untuk memulihkan foto yang terhapus di ponsel Anda.

 

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Apakah pernah terjadi pada Anda ketika ingin melihat foto-foto yang ada di galeri ponsel Anda, namun tiba-tiba terdapat beberapa foto yang terhapus atau hilang? Situasi seperti ini memang cukup menyebalkan, terlebih jika foto-foto tersebut memiliki nilai kenangan yang sangat berarti bagi Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi lewat Google Photos

Cara Mencadangkan File Foto dan Video lewat Google Photos

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kehilangan foto dan video di HP Anda adalah dengan melakukan pencadangan atau backup. Salah satu platform pencadangan foto dan video yang paling terkenal adalah Google Photos. Google Photos merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk mengunggah dan menyimpan foto dan video dari perangkat Anda secara gratis. Anda hanya perlu memeriksa apakah akun Google Anda terhubung dengan Google Photos, dan pastikan opsi sinkronisasi foto dan video dalam pengaturan ponsel Anda sudah di aktifkan.

Untuk melakukan pencadangan foto dan video di Google Photos, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Google Photos pada ponsel Anda. Setelah itu, klik pada ikon tiga garis di pojok kiri atas layar dan pilih opsi “Pengaturan”. Pada bagian ini, Anda dapat memilih opsi “Cadangkan & sinkronkan” untuk memulai proses pencadangan otomatis.

Pastikan bahwa ponsel Anda terhubung ke jaringan internet ketika melakukan proses pencadangan. Google Photos akan secara otomatis melakukan pencadangan setiap kali Anda mengambil foto atau video baru di ponsel Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pencadangan secara manual dengan menekan tombol “Cadangkan sekarang” di aplikasi Google Photos.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi dengan Google Photo

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Google Photo

Jika foto yang terhapus belum terlalu lama, maka kemungkinan besar foto tersebut masih dapat di kembalikan melalui Google Photos. Google Photos memiliki fitur Recycle Bin atau Tempat Sampah yang akan menyimpan semua file yang di hapus selama 60 hari terakhir sebelum benar-benar di hapus secara permanen.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi dengan Google Photos, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Photos dan masuk ke menu “Tempat Sampah”. Kemudian, pilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan dengan mengklik pada gambar tersebut. Setelah itu, klik tombol “Pulihkan” di bagian bawah layar.

Setelah proses pulih berhasil di lakukan, foto atau video yang sebelumnya terhapus akan kembali ke dalam galeri foto Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi “Hapus secara permanen” jika Anda yakin bahwa Anda tidak akan memerlukan foto atau video tersebut lagi.

Mengapa Foto yang Terhapus Tidak ada di Trash Google Photos?

Mengapa Foto yang Terhapus Tidak ada di Trash Google Photos?

Jika foto atau video yang terhapus tidak muncul di Tempat Sampah Google Photos, ada beberapa kemungkinan mengapa hal itu terjadi. Pertama, mungkin saja foto atau video tersebut sudah melewati batas waktu penyimpanan di Tempat Sampah dan sudah di hapus secara permanen. Kedua, mungkin saja foto atau video tersebut tidak pernah di simpan di Google Photos atau di hapus secara manual dari Google Photos sebelumnya.

Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan untuk selalu memeriksa Tempat Sampah secara berkala dan melakukan pencadangan secara rutin menggunakan Google Photos. Jangan menghapus file secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih ponsel karena hal ini dapat menghapus foto atau video yang tidak perlu.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan SD Card

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan SD Card

Selain menggunakan Google Photos, Anda juga dapat mengembalikan foto yang terhapus menggunakan kartu SD pada ponsel Anda. Namun, perlu di ingat bahwa cara ini hanya berlaku jika foto atau video tersebut di simpan di kartu SD. Jika foto atau video tersebut di simpan di memori internal ponsel, maka metode ini tidak akan berhasil.

Langkah pertama Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi dari kartu SD adalah dengan menghubungkan kartu SD ke komputer Anda dengan menggunakan pembaca kartu SD atau melalui kabel USB. Setelah itu, unduh dan instal program pengembalian data seperti Recuva atau EaseUS Data Recovery Wizard.

Setelah program di instal, jalankan program tersebut dan pilih kartu SD sebagai sumber pemindaian. Program akan memindai kartu SD dan menemukan file-file yang terhapus. Setelah itu, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik tombol “Pulihkan”.

Pastikan bahwa Anda menyimpan file yang di pulihkan ke tempat yang berbeda dengan kartu SD untuk menghindari file terhapus atau tertimpa kembali.

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi merupakan masalah yang umum di alami oleh banyak orang. Namun, dengan menggunakan cara-cara yang telah di jelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi.

Cara terbaik untuk menghindari kehilangan foto dan video di HP adalah dengan melakukan pencadangan secara rutin menggunakan Google Photos. Pastikan untuk selalu memeriksa Tempat Sampah Google Photos secara berkala untuk memastikan bahwa file yang terhapus dapat di kembalikan.

Jika foto atau video tidak dapat di temukan di Tempat Sampah Google Photos, Anda juga dapat mencoba mengembalikannya menggunakan kartu SD dan program pengembalian data. Namun, pastikan bahwa Anda selalu menyimpan file yang di pulihkan ke tempat yang berbeda dengan kartu SD untuk menghindari terhapus atau tertimpa kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi dan menghindari kehilangan foto dan video yang berharga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *