Bawang Merah Berkembang Biak Dengan

Pendidikan300 Dilihat

Bawang Merah Berkembang Biak Dengan

Pendahuluan

Bawang merah merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang merah juga sangat berguna bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, bawang merah menjadi tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Namun, agar dapat memperoleh hasil optimal, pengetahuan mengenai cara berkembang biak bawang merah sangat penting.

Bawang Merah Berkembang Biak Dengan

Bawang merah dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu secara generatif dan vegetatif.

Jenis-Jenis Penyebaran Generatif

  • Benih
  • Umbi Jahitan

Generatif merupakan cara berkembang biak bawang merah yang paling umum. Benih dapat ditemukan pada tangkai bunga bawang merah dan dapat digunakan untuk penyebaran. Sedangkan umbi jahitan merupakan umbi-umbian yang ditanam dengan cara disusun-berkumpul dan disebar ke dalam lubang tanah. Umbi jahitan ditinggalkan sampai waktu tanam yang sesuai, kemudian dipotong-potong hingga memiliki 2-3 tunas.

Jenis-Jenis Penyebaran Generatif

Jenis-Jenis Penyebaran Vegetatif

  • Membuat Setek
  • Membuat Tunas

Penyebaran vegetatif dilakukan dengan cara membelah umbi menjadi beberapa bagian atau dengan membuat setek. Setek tersebut kemudian ditanam pada media tanam yang sesuai. Sedangkan tunas dipotong dari umbi baru yang tumbuh dan dapat ditanam langsung pada media tanam yang sesuai.

Jenis-Jenis Penyebaran Vegetatif

Pemilihan Media Tanam

  • Media Tanam Tanah
  • Media Tanam Sekam Padi
  • Media Tanam Cocopeat

Pemilihan media tanam yang tepat akan mempengaruhi pertumbuhan bawang merah. Tanah digunakan sebagai media tanam yang paling umum, namun dapat diganti dengan menggunakan sekam padi atau cocopeat.

Pemilihan Media Tanam

Pengelolaan Lahan Budidaya Bawang Merah

  • Menyiapkan Lahan
  • Pemupukan
  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengelolaan lahan budidaya bawang merah meliputi menyiapkan lahan yang baik dan subur, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan hasil dari tanaman bawang merah.

Pengelolaan Lahan Budidaya

Kesimpulan

Bawang merah dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu secara generatif dan vegetatif. Penyebaran generatif meliputi benih dan umbi jahitan sedangkan penyebaran vegetatif meliputi pembuatan setek dan tunas. Pemilihan media tanam yang tepat dan pengelolaan lahan budidaya bawang merah yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil dari tanaman bawang merah.

Saran

Untuk memperoleh hasil yang optimal pada budidaya bawang merah, sangat penting untuk mengetahui cara berkembang biak dan pengelolaan lahan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *