Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Pendidikan81 Dilihat




Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Pentingnya Pertanyaan: “Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna”

Metamorfosis adalah suatu perubahan bentuk fisik pada hewan yang terjadi selama siklus hidupnya. Metamorfosis terdiri dari dua jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Namun, dalam pembahasan ini fokus akan diberikan pada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna sangat menarik untuk dipelajari karena perubahannya dapat memberikan gambaran mengenai pola-pola genetik dan fisiologis dalam suatu kelompok hewan. Bagaimana hewan-hewan tersebut berubah dari satu bentuk menjadi bentuk yang lain sangat menarik dan dapat memicu pertanyaan-pertanyaan ilmiah yang menarik.

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mengalami perubahan yang sangat drastis dalam letak, bentuk, dan ukuran bagian tubuhnya, misalnya mulai dari telur, larva, pupa, kemudian menjadi imago. Hewan-hewan yang mengalami metamorfosis sempurna meliputi serangga, kupu-kupu, kepik hijau, dan lalat buah. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai hewan-hewan tersebut:

Serangga

Serangga adalah kelompok hewan yang sangat banyak jumlahnya, contohnya lalat, belalang, kupu-kupu, semut, dan banyak lagi. Serangga mengalami metamorfosis sempurna dengan tahapan sebagai berikut:

  • Telur: Serangga yang baru menetas akan keluar dari telur dan berubah menjadi larva
  • Larva: Serangga yang berada dalam tahap larva memerlukan makanan yang banyak, dalam hal ini serangga makan dengan memakan daun, kayu, atau hewan lain. Larva serangga juga berubah menjadi pupa setelah tahap pertumbuhan dan pertukaran kulit selesai.
  • Pupa: Serangga yang menjadi pupa akan berada dalam selubung yang berasal dari kulit larva. Pada tahap ini, tubuh serangga akan mengalami perubahan lagi hingga berbentuk imago.
  • Imago: Serangga pada tahap ini adalah bentuk akhir dari siklus metamorfosis. Serangga sudah bisa terbang dan melakukan reproduksi.
Gambar Serangga

Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dengan tahapan sebagai berikut:

  • Telur: Kupu-kupu bertelur pada bagian bawah daun atau batang pohon sebagai tempat untuk menempati calon ulat.
  • Ulat: Ulat menetas dari telur yang diletakkan oleh kupu-kupu betina. Setelah itu ulat makan, tumbuh, dan berganti kulit sebanyak 4 kali. Setelah tahap ini, ulat akan menjadi kepompong, tahap akhir sebelum menjadi kupu-kupu.
  • Kepompong: Pada tahap ini ulat memutar selimut sehingga menutupi dirinya dan mengecil sebelum menjadi kupu-kupu. Setelah itu ulat akan menjadi kepompong, tahap akhir sebelum menjadi kupu-kupu.
  • Imago: Setelah melewati tahap kepompong, ulat berubah menjadi kupu-kupu yang sudah dewasa dan siap untuk bertelur.
Gambar Kupu-Kupu

Kepik Hijau

Kepik hijau merupakan serangga yang umumnya ditemukan di daerah beriklim tropis. Tahap metamorfosisnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Telur: Kepik hijau bertelur di atas dedaunan tanaman atau di cabang yang sudah mati.
  • Larva: Setelah menetas, ulat kepik hijau akan segera memakan dedaunan tanaman. Setelah beberapa kali pergantian kulit, ulat tersebut akan masuk dalam perubahan menjadi pupa.
  • Pupa: Setelah menjadi pupa, stadia pupa lanjut (L2) dimulai. Pada stadia ini, terjadi perubahan dari pupa yang dilindungi oleh kantong-kantong sutra menjadi imago kejiwaan.
  • Imago: Setelah beberapa minggu, kepik hijau akhirnya menetas dan mengubah bentuk dari pupa menjadi serangga yang sudah siap bertelur.
Gambar Kepik Hijau

Lalat Buah

Lalat buah merupakan jenis serangga yang umum ditemukan di daerah tropis. Tahap metamorfosisnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Telur: Lalat betina bertelur di atas buah-buahan yang sudah matang dan busuk.
  • Larva: Setelah menetas dari telur, larva lalat buah makan dengan sangat banyak dan memakan buah yang sudah matang. Larva memiliki warna putih dan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan pupa dan imago.
  • Pupa: Setelah larva mencapai ukuran tertentu, larva akan berubah menjadi pupa dengan warna hitam atau coklat. Waktu yang dibutuhkan untuk berubah menjadi imago dapat berbeda untuk setiap spesies lalat.
  • Imago: Setelah waktu yang ditentukan, pupa berubah menjadi lalat dewasa dan siap untuk bertelur lagi.
Gambar Lalat Buah

Kesimpulan

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna memiliki tahapan yang sangat menarik untuk dipelajari. Perubahan bentuk dan ukuran tubuhnya sangat drastis, tetapi juga men

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *